logo

Presiden Jokowi Melayat Mendiang Artidjo Alkostar Di UII Yogyakarta

Presiden Jokowi Melayat Mendiang Artidjo Alkostar Di UII Yogyakarta

Foto: Video BPMI Setpres.
01 Maret 2021 11:16 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - YOGYAKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang bertakziah ke tempat duka mendiang Artidjo Alkostar di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Senin (01/03/2021) pagi. 

Mantan Hakim Agung yang dikenal sangat berintegritas, jujur, dan tak ragu dalam penegakan hukum tersebut berpulang pada Minggu (28/02/2021) dalam usia 72 tahun.

Dari video BPMI Setpres yang ditayangkan di akun resmi Sekretariat Kabinet dan You Tube Sekretariat Presiden, Senin 01/03/2021), Presiden mengucapkan 'Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un' sebanyak tiga kali.

"Kemarin hari Minggu (28/02/2021) telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Artidjo Alkostar," kata Presiden.

Beberapa saat kemudian, "Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa, penegak hukum, hakim agung, Dewan Pengawas KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang sangat rajin, figur yang memiliki integritas yang tinggi," ucap Presiden.

"Semoga Almarhum di terima di sisi Allah SWT, diberikan tempat terbaik di sisiNya," ungkap Presiden Jokowi yang menyempatkan melayat Almarhum di sela kunjungan kerjanya ke Yogyakarta. "Atas nama pemerintah, kami menyampaikan duka cita yang mendalam," ucapnya. 

Kepala Negara tampak didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, saat turut menyalatkan jenazah Almarhum setibanya di Masjid Ulil Albab UII sekitar pukul 08.00 WIB.

Presiden Jokowi memang memiliki kenangan tersendiri terhadap sosok Artidjo Alkostar semasa hidupnya. Kepribadian dan integritas Artidjo tak perlu diragukan lagi dan menjadi teladan bagi para penegak hukum dan dunia peradilan di Indonesia. 

Usai menyampaikan belasungkawa, Presiden berdoa untuk Almarhum agar diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Tak lama setelah itu, Presiden berpamitan meninggalkan lokasi. 

Almarhum Artidjo dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII yang prosesinya sendiri dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. ***

Editor : Pudja Rukmana