logo

Vaksinasi Atlet, Menko PMK Berharap Bisa Kembali Hidupkan Olahraga

 Vaksinasi Atlet, Menko PMK Berharap Bisa Kembali Hidupkan Olahraga

Menko PMK Muhadjir Effendy (topi putih) saat meninjau vaksinasi para atlet.(foto,ist)
27 Februari 2021 01:38 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pemerintah memulai vaksinasi Covid-19 perdana untuk atlet, pelatih, dan tenaga pendukung, di Istora Senayan Jakarta, Jumat (26/2/2021) pagi.

Program vaksinasi ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mempercepat vaksinasi. Khususnya, bagi kelompok masyarakat tertentu yang diprioritaskan setelah tenaga kesehatan.

Pada kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, priortias vaksinasi untuk atlet adalah kebijakan yang tepat. Para atlet, imbuhnya, harus terjaga dan aman dari Covid-19 sebelum bertanding membawa nama baik Indonesia.

"Ini kebijakan yang tepat kalau atlet diprioritaskan. Karena, mereka akan segera bertanding dan mereka terutama yang mau bertanding di luar negeri akan membawa nama baik Indonesia. Wajar kalau mereka diprioritaskan," tutur Menko PMK usai mendampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk atlet di Istora Senayan.

Selain Menko PMK, turut hadir mendampingi Wakil Presiden yakni Menpora Zainudin Amali, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menko PMK berharap, vaksinasi atlet akan kembali mengaktifkan kegiatan-kegiatan olahraga di Indonesia. Yang selama masa pandemi berbagai kegiatan olahraga banyak yang terhenti untuk meminimalisir penularan Covid-19.

"Mudah-mudahan ini betul-betul bisa mengangkat kegiatan-kegiatan olahraga kembali. Kan sekarang sedang lesu kegiatan olahraga. Kalau atlet-atletnya sudah divaksin mudah-mudahan semakin longgar kegiatan olahraga," tuturnya.

Dalam peninjauan itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, prioritas vaksinasi bagi para atlet, agar dapat kembali bertanding dan mengharumkan nama bangsa. "Ini prioritas terutama atlet yang akan melakukan event domestik, dan global. Karena, event ini berjalan walaupun masa pandemi, tidak dihadiri oleh penonton, event ini olahraga ini penting, kalau tepapar Covid-19 bisa-bisa mereka tidak bisa ikut event itu," terang Ma'ruf Amin.

Wapres Ma'ruf Amin berharap, pelaksanaan vaksin untuk para atlet, yang juga merupakan figur publik, dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Atlet ini representasi kelompok yang secara fisik kuat, kita harapkan melalui vaksinasi ini menjadi motivasi bagi masyarakat. Untuk atlet setelah divaksin tetap sehat dan kuat, mudah-mudahan vaksinasi ini lebih baik," tuturnya.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH