logo

Liga Inggris: Leeds Putus Mata Rantai Kekalahan

Liga Inggris: Leeds Putus Mata Rantai Kekalahan

Foto: Istimewa.
24 Februari 2021 05:57 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Leeds United mengakhiri kekalahan beruntun dua laga terakhir dengan memetik kemenangan besar atas Southampton 3 – 0 pada laga tunda pekan ke-18 Liga Inggris. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Elland Road, Rabu (24/2/2021) dini hari  WIB, tuan rumah benar-benar menguasai jalannya pertandingan.

Tiga gol Leeds United dicetak masing-masing oleh Patrick Bamford, Stuart Dallas dan Raphinha. Dengan tambahan tiga poin tim besutan Marcelo Bielsa itu kini naik ke posisi ke-10 klasemen sementara dengan koleksi 35 poin. Sedangkan Southampton, yang melewati delapan pertandingan tanpa kemenangan, tertahan di urutan ke-14 dengan koleksi 30 poin.

Datang dengan rekor buruk tak pernah menang dalam enam laga tandang sebelumnya, Southampton sempat berpeluang untuk mencuri keunggulan delapan menit setelah pertandingan dimulai. Tetapi tembakan Nathan Tella masih bisa diamankan kiper Illan Meslier.
Tuan rumah balik mengancam lewat aksi Raphinha yang kerap merepotkan pertahanan Southampton, sayangnya tembakan Tyler Roberts dan Liam Cooper masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-33, wasit Andre Marriner menghadiahkan tendangan penalti kepada Southampton setelah Tella dianggap dijatuhkan oleh Diego Llorente di dalam area terlarang. Namun, Marriner belakangan membatalkan keputusannya setelah mendapat masukan dari petugas VAR.

Di pengujung babak pertama, Che Adams berhasil memanfaatkan situasi tendangan bebas untuk menjebol gawang tuan rumah, tetapi gol Southampton itu belakangan dianulir oleh Marriner lantaran ia meyakini tendangan bebas dilakukan sebelum ia meniup peluitnya.

Setelah babak pertama yang tampak di bawah tekanan, Leeds membuka paruh kedua dengan gemilang ketika Bamford membuka memecahkan kebuntuan hanya dua menit selepas sepak lanjut.

Leeds seharusnya bisa unggul 2-0 atas Southampton pada menit ke-51, jika saja Roberts bisa memanfaatkan lebih baik umpan tarik matang kiriman Raphinha.

Southampton kesulitan memanfaatkan peluang-peluang yang mereka ciptakan, bahkan mereka harus kehilangan Oriol Romeu karena cedera pada menit ke-70.

Tuan rumah sukses menggandakan keunggulannya pada menit ke-78 saat Dallas menyelesaikan umpan silang Helder Costa demi menaklukkan kiper Alex McCarthy.

Enam menit berselang, Raphinha mengunci kemenangan Leeds lebih awal ketika mencetak gol ketiga timnya lewat eksekusi tendangan bebas yang mampu melewati pagar hidup dan tak terjangkau upaya penyelamatan McCarthy.

Seperti dikutip Antaranews, Leeds akan bermain lebih awal untuk laga pekan ke-26 Liga Inggris saat menjamu Aston Villa di Elland Road. Sedangkan Southampton baru tampil dua hari berselang di markas Everton. ***