logo

BKKBN Gandeng PT ASTRA International Bahas AORTA

 BKKBN Gandeng PT ASTRA International Bahas AORTA

Audiensi virtual BKKBN - PT ASTRA International.(foto,ist)
20 Februari 2021 21:57 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan PT ASTRA Internasional melakukan audiensi melalui virtual dari Jakarta, Kamis (18/2/2021), membahas tentang Laporan Program Sinergi Generasi Berencana dan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan Astra (AORTA).

Audiensi dan kerja sama tersebut dilakukan sebagai salah satu bukti dan usaha BKKBN, bekerja sama menggandeng mitra kerja swasta. Dalam rangka edukasi kesehatan reproduksi dan percepatan pencegahan stunting.

Pada kesempatan itu, Kepala BKKBN Dr (HC) Hasto Wardoyo Sp OG (K) menerangkan, kerja sama dan kemitraan (collaboration and partnership) menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan pembangunan, termasuk program Bangga Kencana. Karena, lanjutnya, pada hakekatnya proses pembangunan untuk mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera merupakan tanggung jawab bersama. Pemerintah dan Non Pemerintah, swasta, perguruan tinggi, serta lembaga & organisasi kemasyarakatan yang ada.

"Kita kalau kerja sama dengan stakeholder dan mitra pihak swasta akan lebih kuat. Karena, kekuatan pemerintah hanya sekitar 30 persen dibanding swasta dan masyarakat," ujarnya.

Keluarga yang memiliki anak stunting, dan merasa tidak ada masalah. "Perlu diubah mindset mereka," ucapnya.

Kepala BKKBN menerangkan, pada 25 Januari 2021 lalu, BKKBN mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo. BKKBN memperoleh mandat dan kepercayaan untuk menjadi Ketua Pelaksana Program Percepatan Penurunan stunting.

Untuk itu, lanjutnya, BKKBN siap untuk mengkoordinasikan upaya percepatan penurunan stunting. Melalui kerja sama lintas Kementerian/ Lembaga (K/L), lintas sektor, serta lintas pemerintah Pusat dan Daerah (sampai dengan tingkat desa).

Sementara itu, Dian Suran dari PT ASTRA International berharap,, program-program sinergi antara BKKBN dan PT ASTRA International dapat terus dilakukan. Khususnya, tentang Kesehatan reproduksi remaja dan stunting.

Di bagian lain, Wiyoko juga dari PT ASTRA International menambahkan, ruang lingkup kesepahaman antara BKKBN dan PT ASTRA International, di antaranya Sinergi program ASTRA KIRANA dengan Program Bangga Kencana (Pembanguan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana), Advokasi dan Komunikasi, Edukasi, serta Informasi (KIE). Program Bangga Kencana, serta Pengembangan dan pelatihan sumberdaya manusia (SDM) dalam mendukung program Bangga Kencana.

Hadir pada Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN dr Eni Gustina, MPH, Plt Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN Dr Ir Dwi Listyawardani MSc Dip Com, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto