logo

Pantai Indah Kemangi Kendal Bakal Jadi Obyek Wisata Andalan

 Pantai Indah Kemangi Kendal Bakal Jadi Obyek Wisata Andalan

Bibit cemara laut siap ditanam.
17 Februari 2021 13:56 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - KENDAL: Pantai Indah Kemangi di pesisir Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, bakal dijadikan obyek wisata andalan. Sebagai penanda, telah dilakukan penanaman 1.200 bibit cemara laut oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu (17/2/2021).

Kegiatan penanaman cemara laut disambut gembira warga. Mereka antusias karena selain bisa menangkal abrasi, penanaman cemara laut di pantai tersebut bakal menyulap lokasi semakin indah. Apalagi, pihak desa sudah ancang-ancang akan mengembangkan destinasi wisata pantai di lokasi itu.

"Selain bisa menangkal abrasi, kami berencana mengembangkan lokasi ini sebagai destinasi wisata andalan. Sebelumnya, pantai Indah Kemangi sudah dikelola BUMdes dan bisa menambah pendapatan desa hingga Rp30 juta perbulan. Kelak setelah ditanami cemara laut, diyakini akan lebih cantik dan menarik wisatawan," kata Kades Jungsemi, Dasuki.

Rencana tersebut disambut baik Ganjar Pranowo. Menurutnya, kegiatan penanaman cemara laut memiliki dua manfaat sekaligus dan harus terus didorong.

"Jadi selain penting untuk menangkal abrasi, dengan penanaman ini akan menjadikan lokasi setempat semakin menarik karena memang disiapkan untuk pariwisata. Saya minta pohon bisa ditanam terus, mumpung masih musim penghujan," jelasnya.

Mengingat baru rencana dijadikan obyek wisata, Ganjar berpesan kepada Kades untuk melakukan perencanaan secara matang. Kades tidak boleh asal membuat destinasi wisata, namun harus mempertimbangkan aspek lingkungan, keindahan dan lainnya.

"Perencanaannya harus dibuat secara profesional, landscapnya disiapkan betul agar pantainya nanti benar-benar bagus. Konsultasi ke Dinas Pariwisata, ajak perusahaan dan juga kampus untuk penataannya. Warung-warungnya ditata, jangan sampai kumuh," pintanya.

Selain di pantai Indah Kemangi, penanaman pohon memang sedang digenjot di Jawa Tengah. Ganjar mengajak semua masyarakat gencar melakukan penanaman selama musim penghujan, baik di kawasan hulu, tengah dan hilir.***

Editor : Markon Piliang