logo

Sempat Ditemukan Dalam Koper, BP2MI Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI

Sempat Ditemukan Dalam Koper, BP2MI Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI

BP2MI fasilitasi pemulangan jenazah Afriani.(foto,ist)
31 Januari 2021 21:41 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - TANGERANG: Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia memfasiltasi pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) Afriyani, yang sempat ditemukan dalam sebuah koper di Arab Saudi.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI Wisantoro, saat menarima jenazah di Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (31/1/2021) menyatakan, atas nama BP2MI bersama UPT BP2MI Serang mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya.

"Semoga almarhumah diampuni dosa-dosanya dan diterima amal ibadahnya. Afriyani adalah pahlawan devisa dan pahlawan keluarga," tuturnya.

Dia juga berharap, keluarga yang ditinggalkan, diberikan kesehatan lahir dan batin. Semua ini, imbuhnya, takdir Allah dan harus dipercayai.

"BP2MI mengucapkan termikasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran pemulangan jenazah almarhumah Afriyani," ujar Wisantoro.

Selanjutnya, kata dia, jenazah almarhumah dimakamkan di kampung halamnnya di Desa Bakung RT 04/01, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten. PMI Afriani adalah korban dari perusahaan yang mengirim pekerja migran secara non prosedural.

"Pasalnya, pemerintah Indonesia telah menghentikan penempatan PMI ke Timur Tengah sebagai pekerja rumah tangga sejak tahun 2015," terangnya.

Diceritakan Wisantoro, sepekan sebelum meningggal, Badri ayah kandung Ariyani, sempat melakukan Video Call dengan almarhumah. Lewat sambungan handphone, Afriani mengatakan, agar bapaknya jangan menangis.

"Saya sudah ada yang mengurus, Saya disini tenang dan baik-baik saja," kenang Badri. Menurut pihak keluarga, sekitar Tahun 2019 Afriyani pergi bekerja ke Arab Saudi sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT).

Afriyani diajak oleh seseorang yang rumahnya tidak jauh dari lingkungannya. Kementerian Luar Negeri dan Konsulat Jenderal RI di Jeddah, melaporkan adanya penemuan jenazah WNI di dalam koper di wilayah Mina, Mekkah, Senin (30/11/2020) silam. Jenazah teridentifikasi sebagai perempuan WNI berinisial A berusia 23 tahun. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto