logo

Gibran-Teguh Ditetapkan Sebagai Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Terpilih

Gibran-Teguh Ditetapkan Sebagai Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Terpilih

Pasangan Gibran-Teguh ditetapkan sebagai wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam rapat pleno yang digelar KPU Kota Solo, Kamis (21/1/2021)
21 Januari 2021 18:03 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pasangan Gibran Rakabumig Raka-Teguh Prakosa, sah ditetapkan sebagai calon wali Kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilkada Kota Solo 2020. Penetapan wali kota dan wakil wali kota itu dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo dalam rapat pleno terbuka di Swiss Belhotel Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2021).

Seusai ditetapkan sebagai wali kota terpilih, putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengatakan dirinya memiliki program 100 hari kerja.

"Tapi itu nanti saja tidak bisa saya bocorkan semuanya. Hari ini yang jelas prioritasnya adalah percepatan pemulihan ekonomi. Itu yang akan menjadi fokus kita juga masalah kesehatan untuk vaksinasi kita akan kawal," jelas Gibran.

Gibran juga menyebut gotong royong dan jogo tonggo menjadi modal sosial untuk menjaga warga tidak terpapar virus Covid-19. Ke depan, setiap kampung akan menjadi kampung siaga Covid.

"Nanti untuk program- program yang lebih detail tunggu setelah dilantik," katanya.

Terkait vaksinasi Covid-19, Gibran mengaku sampai saat ini belum mendapatkan vaksin tersebut. Karena saat ini yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin Covid adalah tenaga kesehatan. Selanjutnya TNI/Polri dan mereka yang bertugas di garda terdepan penanganan Covid.

"Kalau saya saat ini masih menjadi rakyat biasa. Belum dapat vaksin," ujarnya.

Selama menunggu pelantikan, suami Selvi Ananda itu menegaskan tetap melanjutkan kegiatan sosial dan kemanusiaan. Selain itu karena saat ini masih kondisi pandemi Covid, Gibran mengingatkan untuk tetap melakukan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Pada kesempatan itu, Gibran mengucapkan terima kasihnya kepada KPU, Bawaslu, dan pihak-pihak lain termasuk kepada media.

Sementara itu dalam rapat pleno tersebut tidak dihadiri pasangan nomor urut 02, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo juga tidak hadir dalam acara tersebut.

Penetapan tersebut berdasarkan SK KPU Nomor 01/PL.03.7-BA/3372/KPU-Kota/I/ 2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wali Kota Terpilih Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020.

Ketua KPU Kota Solo, Nurul Sutarti mengatakan penetapan paslon ini dilakukan KPU setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) atau bukti formal tidak ada sengketa hasil Pilwalkot Solo 2020. KPU Solo baru mendapatkan surat tersebut dari KPU RI pada Rabu (20/1/2021) malam. Setelah penetapan, KPU Solo akan menyampaikan surat pengusulan pengangkatan pasangan calon terpilih tersebut untuk dilantik.

"Besok kami akan menyampaikan surat ditujukan ke DPRD Solo nanti DPRD akan melanjutkan ke Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah," jelas Nurul.

Dalam Pilkada Solo, Desember 2020 pasangan Gibran-Teguh berhasil meraih 225.451 suara atau 86,53 persen. Sedangkan rivalnya, pasangan Bajo hanya memperoleh 35,055 suara atau 13,45 persen. ***