logo

Baznas Bantu Pemulihan Kesehatan Warga Korban Banjir Kalsel

Baznas Bantu Pemulihan Kesehatan Warga Korban Banjir Kalsel

Tim kesehatan dari Baznas Tanggap Bencana melakukan pemeriksaan terhadap warga korban bencana banjir di Banjarmasin, Kalsel, Rabu (20/1/2021).
20 Januari 2021 16:16 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus melakukan aksi kemanusiaan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan, salah satunya di kota Banjarmasin.

 Selasa (19/1/2021), Baznas memeriksa kondisi kesehatan para pengungsi korban banjir di dua titik, yakni di Masjid Al Faizun Jalan Garuda, Banjarmasin Selatan dan di pos yang terletak di Jalan Ratu Zaleha, Kecamatan Banjarmasin Timur.

"Di lokasi pertama Baznas melakukan pemeriksaan kepada 72 pengungsi. Sedangkan di lokasi kedua jumlah pengungsi yang dilayani oleh Baznas sebanyak 88 orang. Penyakit yang paling banyak diderita adalah penyakit kulit, hipertensi, dan myalgia atau nyeri badan," kata Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta.

Selain itu, untuk memastikan kesehatan korban banjir, Baznas juga melakukan kunjungan ke rumah warga terdampak banjir yang memilih bertahan dan mengalami keterbatasan dalam bergerak menuju lokasi pengobatan.

Selain dari pengobatan yang dilakukan tim Rumah Sehat, Baznas Tanggap Bencana juga masih melakukan evakuasi terhadap korban banjir serta membantu kebutuhan pangan pengungsi, melalui dapur umum.

Baznas turut mendistribusikan berbagai kebutuhan pengungsi lainnya, seperti pakaian, paket pelindung kesehatan, termasuk perlengkapan bayi di beberapa posko.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Baznas terhadap korban bencana banjir di Kalimantan Selatan. Dalam menjalankan aksi kemanusiaan, kami selalu berupaya maksimal agar semua korban dapat terpenuhi kebutuhannya, termasuk dari sisi kesehatan," ucap Arifin.

Ia menambahkan, Baznas akan melakukan pendampingan terhadap para korban terdampak banjir pasca bencana, agar segera bangkit seperti semula.

"Lewat berbagai programnya, Baznas akan berupaya memulihkan kondisi korban, salah satunya dari sisi perekonomian. Bencana seperti ini tentu akan sangat berpengaruh bagi kondisi korban. Maka dari itu, Baznas akan mendampingi para korban banjir untuk bersama-sama bangkit demi kehidupan yang lebih baik," tutur Arifin lagi. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto