logo

Gempa Sulbar, Jateng Berangkatkan Relawan Dan Kirim Logistik

 Gempa Sulbar, Jateng Berangkatkan Relawan Dan Kirim Logistik

Logistik dari Jateng diberangkatkan ke Sulbar
20 Januari 2021 15:27 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Pemprov Jateng memberangkatkan 15 relawan dari berbagai instansi kebencanaan ke Sulawesi Barat (Sulbar), untuk membantu penanganan bencana gempa bumi yang melanda provinsi tersebut.

Pelepasan relawan dilakukan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di halaman kantor gubernur, Rabu (20/1/2021). Selain relawan, Jateng juga mengirimkan bantuan uang tunai Rp500 juta serta bantuan dalam bentuk logistik senilai Rp269 juta.

"Ini spirit gotong royong untuk membangun rasa kemanusiaan. Dengan banyaknya bencana, kita patut bertindak dan melakukan sesuatu," kata Ganjar.

Pihaknya, lanjut Ganjar, sudah berkomunikasi dengan Pemprov Sulbar terkait bantuan logistik dan relawan tadi. Beberapa kebutuhan juga dibawakan seperti makanan, tenda, tikar dan kebutuhan logistik kebencanaan lain.

Selain membantu penanganan bencana dan membawa logistik utama, Ganjar berpesan pada relawan agar mengutamakan kebutuhan anak-anak dan perempuan. Sebab, kebutuhan anak-anak dan perempuan sering terlupakan.

"Tadi sudah saya pesan, kebutuhan anak-anak dan perempuan jangan sampai terlupakan. Mereka sangat membutuhkan, apalagi anak-anak butuh mainan, butuh suasana senang dan butuh hiburan," jelasnya.

Para relawan diminta menjaga nama baik Jawa Tengah. Mereka tidak boleh merepotkan dan harus langsung melapor ke Pemprov Sulbar untuk siap diperbantukan dimanapun lokasinya.

Plt Kepala BPBD Jateng, Safrudin, menerangkan 15 relawan yang dikirim ke Sulbar terdiri dari relawan BPBD beberapa Kabupaten/Kota. Ada juga Tagana, PMI, Dinsos dan instansi terkait.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto