logo

Uji Coba KRL Solo - Yogya Berpenumpang Dimulai Awal Februari

Uji Coba KRL Solo - Yogya Berpenumpang Dimulai Awal Februari

KRL rute Solo-Yogyakarta akan diujicobakan dengan penumpang awal Februari mendatang
20 Januari 2021 14:33 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Kereta Api Listrik (KRL) relasi Solo-Yogyakarta akan diujicobakan untuk masyarakat pada bulan Februari 2021 mendatang. Uji coba akan dilakukan selama tujuh hari. Menurut Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti pada acara webinar "Hadirnya KRL Solo-Yogya" di Solo, Selasa (19/1/21) sore, mulai tanggal 1 Februari hingga 7 Februari masyarakat bisa mengikuti uji coba.

"Biaya tarif uji coba KRL Solo-Jogja sebesar Rp1 sudah ditentukan Pak Dirjen Perkeretaapian.Tapi tarif ini bukan tarif resmi, tapi hanya digunakan selama masa uji coba," jelasnya.

Sedangkan untuk tarif resmi KRL Solo-Yogyakarta belum ditentukan. Tetapi diperkirakan sebesar Rp8.000 dengan menggunakan e-money.

"Dalam uji coba tersebut masyarakat dapat mengetahui bagaimana pelayanan di dalam KRL nantinya," katanya.

Sebelum melakukan uji coba kepada masyarakat, KCI akan terlebih dahulu melakukan uji coba secara terbatas. Dengan melibatkan instansi pemerintah dan mitra kerja.

"Uji coba terbatas tersebut dilakukan mulai tanggal 20 Januari mendatang," katanya lagi.

KRL Solo-Jogja akan berhenti di 11 stasiun. Yakni di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Prambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solobalapan. Rute Solo-Jogja merupakan rute kedua KRL setelah rute Jabodetabek karena potensi jumlah penduduk yang cukup besar. Selain itu jalur tersebut juga dihubungkan dengan double track sehingga lebih efisien.

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya pada kesempatan yang sama mengatakan untuk melengkapi pelayanan KRL, PT KAI membuka kembali sejumlah stasiun yang sebelumnya tidak melayani pengguna.

"Diharapkan mampu mendorong perekonomian di wilayah stasiun di tengah upaya pulih dari pandemi," ujarnya.

Jarak Solo-Jogja dengan menggunakan KRL mampu ditempuh dalam waktu 58 menit. Panjang jaringan KRL Solo-Yogyakarta kurang lebih 60 kilometer. Untuk perjalanan KRL Solo-Jogja rencananya akan dilayani sebanyak 20 perjalanan/hari.

Proyek pembanguan KRL Solo-Jogja ini merupakan proyek multi yeaes yang dimulai sejak tahun 2019 hingga 2020, dengan total anggaran sebesar Rp 1,2 triliun. ***

Editor : Markon Piliang