logo

Korpri Imbau ASN Survivor Covid Pendonor Konvalesen: Jadilah Patriot Kemanusiaan!

Korpri Imbau ASN Survivor Covid Pendonor Konvalesen: Jadilah Patriot Kemanusiaan!

Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen. Pada momentum ini Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang diketahui sempat positif Covid-19 juga ikut mendonorkan darahnya sebagai pasien sembuh (Ist)
19 Januari 2021 15:23 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang kebetulan penyintas (survivor) Covid-19 dan telah memenuhi syarat dan ketentuan medis agar bersedia menjadi donor konvalesen.

Prof. Zudan mengatakan masa pandemi masih belum jelas kapan akan berakhir. Hal ini menjadi momentum bagi ASN untuk bisa berbuat memaksimalkan kontribusi nyata demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Berikan prioritas tinggi kepada program kesehatan, termasuk program pemulihan bangsa dari Covid-19 melalui donor konvalesen ini," ujar Zudan.

Saat ini Palang Merah Indonesia baru bisa menyediakan 1.000 donor plasma konvalesen setiap bulannya. Padahal menurut Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, masih dibutuhkan 5.000 pendonor plasma konvalesen setiap bulannya di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Zudan meminta para ASN anggota Korpri yang sudah sehat bugar atau sembuh total dari Covid-19 segera menghubungi kantor PMI terdekat untuk mendonorkan plasma darahnya.

"Setiap ASN penyintas yang mendonorkan plasma konvalesen mempunyai sumbangsih besar terhadap kehidupan dan kemanusiaan. Keselamatan para korban Covid-19 juga banyak digantungkan dari pendonor konvalesen," tandas Prof Zudan yang juga Dirjen Dukcapil Kemendagri ini.

Seperti publik jamak mengetahui bahwa sejumlah pasien yang masih berjuang melawan Covid-19 mulai melirik terapi donor plasma konvalesen. Donor ini merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan untuk membentuk antibodi.

Donor plasma konvalesen kini banyak dicari. Namun karena banyak pula yang membutuhkan, donor tersebut terkadang sulit dicari, termasuk di kantor-kantor PMI. ***