logo

Dorong Percepatan, Ganjar Cek Vaksinasi Bagi Nakes

 Dorong Percepatan, Ganjar Cek Vaksinasi Bagi Nakes

Ganjar cek vaksinasi bagi nakes
19 Januari 2021 15:05 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendorong adanya percepatan vaksinasi bagi para tenaha kesehatan. Untuk itu, ia melakukan pengecek ke puskesmas dan rumah sakit di Kota Semarang yang sedang melaksanakan vaksinasi, Senin (18/1/2021).

Ganjar memberi dorongan semangat kepada tenaga kesehatan. Sejumlah fasilitas kesehatan yang dikunjungi Ganjar seperti Puskesmas Kagok, RSND Undip, Puskesmas Rowosari, dan RS Bhakti Wira Tamtama Kota Semarang.

"Harus semangat, tidak merasa apa-apa kan? Semoga saudara semua sehat," sapa Ganjar setiap bertemu tenaga kesehatan yang divaksin.

Salah satu tenaga kesehatan yang divaksin, dr Andika Gunadharma, mengaku bangga mendapat dukungan langsung dari gubernur. Dukungan itu dinilainya sangat berarti dan membuat semangat semakin meninggi.

"Senang dikunjungi Gubernur, apalagi diberi semangat. Semoga ikhtiar ini bisa membuat semua teman-teman Nakes sehat dan bisa melaksanakan tugasnya menolong masyarakat melawan Covid-19," katanya.

Ganjar menegaskan, proses vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Jateng berjalan lancar. Hanya saja, ia melihat masih ada hal yang harus dievaluasi, yakni lamanya proses vaksinasi.

"Sebenarnya ini bisa dilakukan percepatan. Misal sistemnya lebih disederhanakan, pengisian administrasinya juga disederhanakan agar bisa lebih cepat," ucapnya.

Sekarang, lanjut Ganjar, sistem hanya membatasi 45 orang divaksin di satu lokasi dalam sehari. Namun kebijakan terbaru dari Kemenkes, layanan kesehatan boleh melakukan penambahan, yakni 50 orang untuk Puskesmas dan 200 orang di rumah sakit.

"Tinggal nanti dari daerah dan pusat menyesuaikan saja datanya. Kalau ada 500.000 data yang segera disampaikan dari pusat ke seluruh daerah, saya minta verifikasinya bisa dipercepat," tegas Ganjar.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto