logo

Meski PPKM Diterapkan, Jumlah Kasus Positif Covid Di Solo Terus Naik

Meski PPKM Diterapkan, Jumlah Kasus Positif Covid Di Solo Terus Naik

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19
18 Januari 2021 22:59 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Solo, Jawa Tengah terus meningkat. Hingga Senin (18/1/2021) jumlah kasus positif Covid-19 di Solo tercatat mencapai 7.055, sembuh 4.445 orang, menjalani isolasi mandiri 1.980. Pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 294 dan yang meninggal dunia sebanyak 336 orang.

Meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), telah diterapkan tetapi kasus terkonformasi positif di Kota Solo masih terus bertambah. Menurut Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Solo, Ahyani, Senin (18/1/2021), tambahan kasus itu merupakan hasil tracing kasus sebelumnya.

"Kasus selama libur akhir tahun banyak kita temukan dan kita tracing secara masif," jelasnya.

Sejak diterapkan PPKM justru terjadi penambahan kasus Covid-19, bahkan dalam satu hari terjadi kenaikan hingga 300 kasus. Menurut Ahyani, dampak dari diterapkannya PPKM sampai saat ini belum terlihat.

"Kemungkinan bisa terlihat setelah tanggal 25 Januari atau seusai penerapan PPKM," katanya.

Sememtara itu disinggung mengenai peraturan yang dikeluarkan Pemkot Solo terkait penerapan PPKM, dirinya mengatakan sampai saat ini masih menggunakan aturan sebelumnya. Diantaranya jam operasional pusat perbelanjaan, mall dan pusat keramaian lainnya tetap dibatasi yakni hingga pukul 19.00 WIB.

"Tempat makan atau kuliner disesuaikan jam operasionalnya tetapi tetap harus menjalankan protokol kesehatan. Kita akan tetap melakukan razia penerapan protokol kesehatan," jelasnya lagi.

Untuk usaha kuliner maksimal jumlah pengunjug yang makan ditempat adalah 25 persen dari kapasitas tempat duduk. Jika ada yang melanggar, petugas akan menindak dan jika terjadi kerumunan akan dibubarkan langsung.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH