logo

1,4 Juta Warga Depok Divaksin Setelah Vaksinasi Nakes Rampung Maret

1,4 Juta Warga Depok Divaksin Setelah Vaksinasi Nakes Rampung Maret

Vaksinasi nakes di Puskesmas Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat
18 Januari 2021 21:22 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Vaksinasi Covid-19 di Kota Depok, Jawa Barat, terus berlangsung dengan peserta para tenaga kesehatan. Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, para tenaga kesehatan (nakes) diprioritaskan untuk divaksin karena mereka yang berpotensi terjangkit wabah ini.

“Sesuai rencana, vaksinasi nakes di Kota Depok akan berlangsung hingga Maret 2021. Di bulan ini seluruh nakes telah divaksin,” tuturnya dalam satu acara di lantai 10 Gedung Dibaleka II Pemerintah Kota Depok, Senin (18/1/2021).

Pada bulan berikutnya, ujar Wali Kota, vaksinasi mulai diberikan kepada warga melalui komunitas-komunitasnya masing-masing,

“Warga Depok yang akan divaksin Covid-19 seluruhnya 1,4 juta jiwa,” kata Wali Kota.

baca juga: https://www.suarakarya.id/detail/126200/Wakil-Wali-Kota-Awali-Vaksinasi-Covid-19-Di-Depok

Vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan berlangsung di fasilitas kesehatan, termasuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Salah satunya berlangsung di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung.

Di sini, seperti dikutip dari portal berita Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, sebanyak tujuh nakes divaksin, Senin (18/1/2021). Nakes yang divaksin sudah terdaftar di Sistem Informasi SDM Kesehatan (SI SDMK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Sebanyak tujuh nakes sudah divaksin Covid-19 hari ini. Sebetulnya jadwal yang divaksin delapan orang, namun saat screening satu orang tekanan darahnya tinggi jadi ditunda vaksinasinya,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Kedaung Anugrah Sri Handayani.

Jadwal vaksinasi selanjutnya, ucapnya, pada hari Rabu (20/1/ 2021) mendatang dengan dua peserta. Kemudian, pada hari Kamis (21/1/ 2021) ada satu orang peserta vaksinasi Covid-19.

“Itu jumlah sementara, besok bisa jadi bertambah,” ujarnya.

Saat ini, tuturnya, Kemenkes sedang memperbarui sistem pendaftaran agar lebih banyak nakes yang dapat divaksin. Sebab, saat ini masih ada yang kesulitan dalam mengakses pendaftarannya.

“Semoga dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat melindungi seluruh masyarakat dari virus Corona,” ujarnya.

baca juga: https://www.suarakarya.id/detail/126120/Dinkes-Depok-Tunjuk-60-Faskes-Tempat-Vaksinasi-Covid-19

Sementara itu di UPTD Puskesmas Cilodong telah memvaksinasi 16 nakes. Kepala UPTD Puskesmas Cilodong Dharma Ningsih mengatakan, total pegawai di situ sebanyak 62 orang. Namun, tenaga kesehatan yang masuk dalam jajaran prioritas hanya 38 orang.

"Setiap nakes berhak memilih lokasi vaksin. Jadi, yang akan kami vaksin di sini bisa dari mana saja," ujarnya.

Agar  tidak mengganggu pelayanan kesehatan lainnya, tutur Dharma, pihaknya memanfaatkan gedung baru sebagai lokasi penyuntikan vaksin. Di sana juga disediakan alur mekanisme vaksin sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto