logo

TPU Di Solo Rata-Rata Makamkan Enam Jenazah Dengan Standar Covid-19

TPU Di Solo Rata-Rata Makamkan Enam Jenazah Dengan Standar Covid-19

TPU Bonoloyo Solo
18 Januari 2021 18:28 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Setiap hari Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Solo, Jawa Tengah, rata-rata memakamkan enam jenazah dengan standar protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Sejak bulan Maret 2020 hingga Januari 2021, sekitar 350-an pemakaman dilakukan dengan standar Covid-19.

"Bulan Desember kemarin itu dalam satu bulan menangani dengan protokol Covid-19 kurang lebih 150 dalam satu bulan. Saat ini sampai pertengahan Januari sudah ada 100-an pemakaman dengan standar Covid dan diperkirakan akan terus meningkat sampai akhir bulan nanti," jelas Kepala Seksi Pemakaman Umum Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Solo, Adji Anggoro Rukmo, Senin (18/1/2021).

Meskipun terus meningkat, pihaknya mengatakan sampai saat ini lahan pemakaman yang dikelola Pemkot Solo masih cukup. Dari lima TPU yang dikelola Pemkot, dua diantaranya hampir penuh atau overload.

"Dari lima TPU yakni Pracimaloyo, Bonoloyo, Untoroloyo, Purwoloyo, dan Daksinoloyo ada dua yang hampir penuh. Pracimaloyo dan Bonoloyo hampir penuh, tapi karena keluarga pasien yang menginginkan dimakamkan di situ ya harus kita layani," jelasnya lagi.

Adji mengatakan untuk TPU Bonoloyo, paling banyak menerima pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19. Tetapi, sebagian dimakamkan di lahan pemakaman yang sudah dikapling (pamijen).

Sampai saat ini di Kota Solo belum memiliki pemakaman khusus untuk Covid-19. Pemakaman jenazah dengan kasus Covid masih dijadikan satu dengan pemakaman biasa.

"Untuk proses pemakaman kita lakukan sesuai SOP pemakaman Covid. Ke depan kami sudah siapkan lahan di dalam TPU khusus untuk pemakaman kasus Covid, di TPU Purwoloyo masih ada lahan yang kosong. Di TPU Daksinoloyo juga masih ada satu blok yang bisa kita siapkan untuk pemakaman khusus Covid-19," pungkasnya. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto