logo

Sejumlah Wilayah Di Kota Solo Rawan Bencana Banjir

Sejumlah Wilayah Di Kota Solo Rawan Bencana Banjir

Sungai Bengawan Solo
18 Januari 2021 17:12 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Sejumlah wilayah di tiga kecamatan di Kota Solo, Jawa Tengah masuk kategori rawan bencana terutama banjir. Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, daerah rawan banjir tersebit berada di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo.

Menurut Plt Kepala BPBD Solo, Indradi, Senin (18/1/2021), mengatakan BPBD Solo telah memetakan tiga kecamatan yang masuk dalam daerah rawan bencana. Ketiga lokasi tersebut yakni Kecamatan Pasar Kliwon, Kecamatan Laweyan, dan Kecamatan Jebres.

"Ancaman utama bencana di Solo adalah genangan air akibat luapan sungai. Sejumlah wilayah di tiga kecamatan tersebut berada di sekitar aliran sungai baik di aliran sungai Bengawan Solo maupun kawasan pintu air sungai," jelasnya.

BPBD Solo telah menyiapkan puluhan personel termasuk relawan untuk saat terjadi bencana. Personel yang disiapkan itu terdiri dari, Damkar Solo, SAR Solo, dan relawan.

"Kami juga telah menyiapkan logistik untuk warga yang terkena bencana," katanya.

Selain bencana banjir, bencana lain yang rawan terjadi di Kota Solo adalah pohon tumbang. Sementara itu, dalam menangani bencana, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan. Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.***

Editor : Markon Piliang