logo

Polresta Solo Terjunkan Ratusan Personel Amankan Penetapan Gibran-Teguh

Polresta Solo Terjunkan Ratusan Personel Amankan Penetapan Gibran-Teguh

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak
18 Januari 2021 13:01 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Penetapan pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa akan dilakukan Kamis (21/1/2021). Polresta Solo, Jawa Tengah menerjunkan 350 personel gabungan untuk mengamankan acara penetapan Gibran- Teguh sebagai pemenang Pilkada Solo 2020 itu.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Senin (18/1/2021) mengatakan pihaknya telah menerima pemberitahuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait kegiatan tersebut.

"Sebanyak 350 personel sudah kita siapkan untuk mengamankan acara tersebut. Kami akan mengecek langsung di lokasi penetapan dan melakukan sterilisasi di Hotel Swiss Bell Solo," jelas Kapolresta Solo.

Lebih lanjut, Ade Safri mengatakan sesuai Surat Edaran (SE) Walikota Solo Nomor 067/036 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Solo, maka jumlah peserta hanya dibatasi 25 persen.

"Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Selama pengamanan berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan," jelasnya lagi.

Kapolresta mengingatkan kepada KPU terkait agenda tersebut yang berlangsung selama diterapkannya PPKM. Sehingga tidak boleh ada kerumunan. Selain itu semua peserta juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Ade Safri juga meminta kepada masyarakat untuk tidak menggelar konvoi di jalanan saat acara berlangsung sampai selesai. Pihaknya akan menindak tegas dengan membubarkan paksa jika nekat menggelar konvoi.

"Kami terjunkan Tim TPK (Tim Pengurai Kerumunan), baik di tingkat Kecamatan maupun di lokasi acara. Pengamanan dibagi menjadi tiga ring," pungkasnya. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto