logo

Banjir Kalsel, Mensos Instruksikan Jajaran Turun Dan Kirimkan Bantuan

 Banjir Kalsel, Mensos Instruksikan Jajaran Turun Dan Kirimkan Bantuan

Respon cepat, Kemensos buka posko banjir di Kalsesl.(foto,ist)
16 Januari 2021 21:47 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - BANJARBARU: Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, , di Jakarta, Kamis (14/1/2021 menginstruksikan) kepada segenap jajaran Kementerian Sosial (Kemensos), untuk terjun langsung, sekaligus membawa bantuan ke lokasi bencana banjir yang melanda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Merespon instruksi Mensos, BRSPDM Budi Luhur Banjarbaru bergerak cepat dengan memfungsikan satu asrama menjadi Posko darurat bencana banjir.

Tercatat (hingga berita ini ditayangkan) sebanyak 22 warga penyintas bencana banjir dari wilayah Martapura mengungsi di posko darurat bencana banjir, terdiri dari 2 orang lanjut usia (lansia), 10 orang suami istri, 3 orang remaja, serta 7 anak-anak serta bayi.

Terdapat 22.765 KK dengan 84.438 jiwa yang terdampak dan bagi para penyintas sudah mendapatkan layanan pengecekan kesehatan, bantuan pakaian layak pakai, serta permakanan atau logistik selama berada di posko.

Kepala Balai Herry Pawoko langsung menugaskan kepada para pegawai, terutama pekerja sosial, untuk mendampingi penyintas yang berada di posko untuk memberikan layanan psikosial.

"Pekerja sosial langsung memberikan layanan psikososial dan trauma healing bagi warga para penyintas tersebut. Sehingga, dapat membantu mereka dalam menghadapi pasca terjadi bencana banjir yang melanda," ungkap Pawoko.

Sejumlah warga dari Kecamatan Martapura, Banjar mengunjungi Posko Darurat Bencana Banjir BRSPDM Budi Luhur Banjarbaru, pada Kamis (14/1/2021) siang. Mereka merasa resah, karena luapan air sungai yang memasuki permukiman warga sejak pagi.

Banjir terjadi akibat curah hujan tiada henti, yang terjadi sejak dua hari sebelumbya. Mengakibatkan meluapnya air sungai yang berada di sekitar pemukiman-permukiman, hinhga mencapai setinggi dada orang dewasa.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto