logo

Tulangbawang Gelar Workshop IPDMIP Kementan Di BPP Gedung Aji

Tulangbawang Gelar Workshop IPDMIP Kementan Di BPP Gedung Aji

16 Januari 2021 16:16 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - TULANGBAWANG: Guna capai target serapan anggaran dan kegiatan IPDMIP, Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang, Lampung, menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Staff Lapangan IPDMIP Kabupaten Tulang Bawang. Kegiatan ini dilaksanakan di BPP Gedung Aji, 14-15 Januari 2021. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang Titin Mardiana. Serta dihadiri Kordinator KJF, Kasi Ketenagaan, Kasi Metode dan informasi, Konsultan IPDMIP wilayah Kabupaten Tulangbawang. 

Hadir juga Kepala BPP Kecamatan Gedung Aji, Kepala BPP Kecamatan Gedung Aji Baru, Kepala BPP Kecamatan Gedung Meneng, serta para petugas dan pendamping kecamatan.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, IPDMIP akan membantu pertanian untuk menjaga ketahanan pangan.

"Salah satu tujuan IPDMIP adalah meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya di lahan irigasi. Jika priduktivitas bisa digenjot, maka ketahanan pangan pun akan terjaga," katanya.  

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, berharap workshop bisa memaksimalkan peran IPDMIP.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dilakukan juga evaluasi kegiatan-kegiatan tahun yang telah dilakukan dua tahun sebelumnya, serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi di Lapangan, untuk disampaikan ke Pusat melalui konsultan IPDMIP wilayah Kabupaten Tulang Bawang," katanya.

Dalam sambutannya,  Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang Titin Mardiana menyampaikan bahwa kegiatan IPDMIP di Kabupaten Tulang Bawang tahun 2021 ini mendapatkan tambahan satu pelaksana kegiatan yaitu Kampung Gedung Meneng Baru Kecamatan Gedung Meneng.

"Dalam pelaksanaan sebelumnya, kegiatan dilakukan di Kampung Batu Ampar Kecamatan Gedung Aji Baru dan Kampung Aji Mesir Kecamatan Gedung Aji," katanya.

Kepala BPP Gedung Aji, Suwartono, mengharapkan kegiatan ini bisa mendapatkan masukan-masukan apa yang akan dikerjakan di tahun ke tiga dan tidak terkendala lagi dengan adanya Covid-19 sebagaimana kegiatan 2020.

Konsultan IPDMIP wilayah Kabupaten Tulang Bawang Taufik, MT, menyatakan bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan untuk sosialisasi IPDMIP tahun 2021. 

"Sementara untuk kegiatan 2020  wilayah Regional Lampung, Kabupaten Tulang Bawang menempati urutan teratas dalam penyerapan anggaran yaitu sebesar 100% diikuti Tanggamus 89%, Pesawaran 83%, Mesuji 78%, dan Lampung Tengah 65%," katanya.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Bidang Penyuluhan dengan tema Evaluasi Kegiatan 2020 dan Rencana Kerja IPDMIP tahun 2021, dilanjutkan oleh Konsultan IPDMIP wilayah Kabupaten Tulang Bawang dengan tema Pemberdayaan Petani melalui PDMIP, dengan moderator  Koordinator KJF Hi.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto