logo

Perdana, Forkopimda Kota Bekasi Disuntik Vaksin Covid-19

Perdana, Forkopimda Kota Bekasi Disuntik Vaksin Covid-19

Sejumlah Forkopimda Kota Bekasi usai mendapat vaksinasi Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Jumat (15/1/2021). (FOTO: Dharma/Suarakarya.id).
15 Januari 2021 12:38 WIB
Penulis : Dharma

SuaraKarya.id - BEKASI: Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi megikuti vaksinasi Covid-19 perdana yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 10.30 WIB.

Sejumlah Forkopimda yang mendapat vaksin Covid-19 secara bergilir diantaranya Wali Kota Bekasi, Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507, Kadiskes Kota Bekasi, Dirut RSUD Chasbullah Abdul Majid Kajati Kota Bekasi, Ketua DPRD Kota Bekasi, serta dua dari SKPD.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati memaparkan cara pemberian vaksin yang aman dan halal. Diharapkan, vaksin ini dapat memberikan pengaruh positif dalam penyembuhan kesakitan akibat Covid-19 mencapai kekebalan dan melindungi kesehatan masyarakat.

"Memiliki dan memperkuat sistem kekebalan dan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas. Dan meminimalkan dampak sosial," paparnya.

Tanti menyampaikan penerima vaksinasi ini dari kelompok usia 18 hingga 59 yang belum terkonfirmasi positif Covid-19. 

Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan beberapa tahapan yakni pertama mulai Januari hingga April 2021 dengan sasaran tenaga kesehatan. 

Tahap kedua yakni Apri 2021 dengan sasaran petugas pelayanan masyarakat. 

Tahap ketiga, April hingga Maret 2022 dengan masyarakat rentan dari geososial, sosial dan ekonomi. Dan tahap keempat, April hingga Maret 2021 dengan sasaran masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya.

"Vaksinasi berlaku selama 14 hari. Setelah vaksinasi pertama, untuk memaksimalkan pembentukan kekebalan," terang Tanti.

Di Kota Bekasi ada pemberian sebanyak 14.060 vaksinasi. Dimana pemberiam vaksin  kepada sasaran akan dilaksanakan di 122 layanan baik rumah sakit, puskesmas dan klinik di Kota Bekasi.

"Telah dibentuk tim pelaksana, monitoring, tim evaluasi serta pokda IDI. Setelah itu telah dilakukan tim workshop bagi pelaksana vaksinasi untuk puskesmas, rumah sakit dan klinik," papar Tanti. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto