logo

Vaksinasi Covid Dimulai, Wali Kota Solo Minta Masyarakat Jangan Takut

Vaksinasi Covid  Dimulai, Wali Kota Solo Minta Masyarakat Jangan Takut

Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo dimulai Kamis (14/1/2021)
14 Januari 2021 17:53 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Vaksinasi Covid-19 pertama di Kota Solo, Jawa Tengah dilakukan kepada 11 tokoh termasuk perwakilan tenaga kesehatan (nakes). Pemberian vaksin kepada 11 tokoh tersebut dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno Solo, Kamis (14/1/2021).

"Saya berharap masyarakat jangan takut divaksin. Vaksin ini untuk menaikkan kekebalan tubuh, vaksin yang diberikan ini sama seperti vaksin yang diberikan kepada presiden dan nakes," jelas Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di sela meninjau pelaksanaan vaksin di RSUD Bung Karno, Solo, Jawa Tengah,  Kamis (14/1/2021).

Rudy mengatakan vaksinasi Covid-19 yang diberikan kepada masyarakat tersebut merupakan sesuatu yang dilakukan negara untuk masyarakat. Disinggung jika ada warga yang menolak vaksin, Wali Kota Solo mengatakan hal tersebut merupakan hak pribadi masing-masing pihak.

"Tetapi yang jelas vaksin ini untuk menambah imunitas tubuh. Tapi vaksin bukan satu-satunya cara mencegah virus Covid. Tetap harus melaksanakan protokol kesehatan," jelasnya lagi.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, seusai mendapatkan vaksin pertama mengaku tidak merasakan efek dari suntikan tersebut.

"Saya senang bisa mendapatkan kesempatan yang pertama untuk divaksin. Ini tidak terasa sakit, malah lebih sakit disuntik vitamin C. Kondisi saya relatif sehat seusai divaksin tadi," kata Kapolresta seusai divaksin.

Ade Safri juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu-ragu dan tidak perlu takut untuk divaksin Covid-19. Karena vaksin hadir untuk melindungi kesehatan dan terhindar dari Covid-19.

"Tidak perlu termakan hoax, vaksin untuk menjaga kesehatan kita semua sehingga bisa beraktivitas seperti biasa dan kegiatan perekonomian bisa berlangsung lebih baik," katanya lagi.

Selain Kapolresta, 10 tokoh lain juga mendapatkan vaksin Sinovac pertama. Yakni perwakilan dari Korem 074/Warastratama, Kejari Solo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ketua DPRD Solo, perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Selain itu juga perwakilan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan perwakilan dari wartawan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan vaksinasi Covid-19 di Kota Solo dimulai hari ini dan ditargetkan selesai pada Marer 2022 mendatang. Kota Solo bersama Kota Semarang dan Kabupaten Semarang mendapatkan pengiriman vaksin pertama di Jawa Tengah. Untuk di Kota Solo telah dikirim sebanyak 10.609 dosis vaksin yang akan diberikan kepada tenaga kesehatan.

"Pemerintah pusat pasti sudah mempertimbangkan matang kenapa memilih Solo. Karena Kota Solo merupakan kota terbesar kedua di Jawa Tengah dengan jumlah nakes yang banyak. Selain itu jumlah kasus terpapar virus Covid-19 juga banyak," pungkasnya. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto