logo

Tim LDP Kemensos Siapkan Layanan Di Lima Titik Crisis Center

 Tim LDP Kemensos Siapkan Layanan Di Lima Titik Crisis Center

Tim LDP Kemensos sedang memberikan dukungan Psikososial pada keluarga korban Sriwijaya SJ 182 di posko RS Polri.(foto,ist)
13 Januari 2021 21:54 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kementerian Sosial (Kemensos) turut berkontribusi dalam penanganan kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Sejak Minggu (10/1)2021), kementerian itu telah mengaktifkan tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Tim ini bertugas melakukan upaya pendekatan-pendekatan terhadap keluarga korban, yang saat ini sedang mengalami syok, sedih dan kebingungan. Keluarga korban yang mengalami kondisi cemas dan mungkin saja trauma, maka perlu penanganan secara psikologis,” tutur Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Sunarti, di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Dikemukakannya, tim LDP di Posko RS Polri, tengah melakukan pendampingan pada keluarga almarhum Okky Bisma, korban pertama yang sudah teridentifikasi petugas. Seperti diketahui, tim LDP merupakan tim gabungan dari Tim Pelopor Perdamaian dan Tim Ahli LDP Direktorat PSKBS, yang terdiri dari pakar-pakar psikologi.

Tim pelopor perdamaian dan ada tim ahli LDP yang memang berisi pakar-pakar psikologi. “Keluarga korban yang mengalami kondisi cemas dan trauma dilakukan penanganan khusus oleh Tim Ahli LDP Dir PSKBS Kemensos," terang Sunarti.

Selain melakukan terapi awal penguatan psikologis sosial kepada keluarga korban, tim LDP juga melakukan sejumlah tugas lainnya. Yakni pendekatan terhadap keluarga korban secara langsung ke rumah, sekaligus penjangkauan atau membantu mencari alamat keluarga.

“Tim juga mendampingi ketika berangkat ke bandara, berkordinasi antar tim pusat dan daerah, pendampingan informasi terkait penanganan korban, membantu melengkapi syarat yang diperlukan, mendata, serta memastikan korban dan keluarga korban,” ungkapnya.

Selain itu, Kemensos juga mendirikan Posko Crisis Centre yang terdiri dari Tim Pelopor Perdamaian dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di beberapa titik lokasi. Untuk pendampingan terkait musibah kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tersebut.

Ada lima posko crisis center yang didirikan Kemensos. Yakni Posko Bandara Soekarno-Hatta, Posko Induk JICT 2, RS Polri Kramat Jati, Hotel Mercure Jakarta tempat menginap keluarga korban. Kemudian juga di Posko Utama Bandara Soepadio (Pontianak) dan Posko Bandara Depati Amir yang berlokasi di Pangkal Pinang.

“Kemensos juga membangun dapur umum, di Bandara Soepadio Kota Pontianak dan di Bandara Depati Amir Kota Pangkal Pinang,” jelas Sunarti.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto