logo

Jubir: Akibat Kerumunan Warga Di Tomohon, Kasus Covid-19 Meningkat

Jubir: Akibat Kerumunan Warga  Di Tomohon, Kasus Covid-19  Meningkat

Istimewa
10 Januari 2021 17:30 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - TOMOHON:  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tomohon, Sulawesi Utara Yelly Potuh mengatakan peningkatan kasus virus corona jenis baru itu di daerah setempat karena transmisi lokal yang dipicu kerumunan warga.

"Gugus tugas meminta seluruh masyarakat untuk tidak lengah dan tetap waspada, karena pandemi masih belum berakhir," katanya di Tomohon, Sabtu.

Dia mengajak seluruh masyarakat Kota Tomohon tidak pernah berhenti berdoa, memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) ini segera berlalu.

Berdasarkan data terbaru penyebaran COVID-19 di Kota Tomohon, jumlah kasus terkonfirmasi positif terus mengalami peningkatan.

Hal ini diakibatkan transmisi lokal di mana masih terjadi kerumunan warga dalam berbagai acara/kegiatan yang mengabaikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan COVID-19.

"Mematuhi protokol kesehatan dilakukan untuk kebaikan kita bersama, karena mematuhi protokol kesehatan bukan hanya ditujukan untuk melindungi diri kita sendiri, namun juga untuk melindungi orang lain agar tidak terinfeksi COVID-19," ujarnya.

Manakala setiap warga mematuhi protokol kesehatan, kata dia, hal itu akan saling melindungi satu sama lain.

Gugus tugas memberikan apresiasi seluruh masyarakat kota yang tetap mematuhi imbauan pemerintah menerapkan protokol kesehatan, seperti menghindari kerumunan atau berkumpulnya orang dalam jumlah banyak, selalu menjaga jarak (minimal satu meter) dan menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Selain itu, selalu menggunakan masker dengan benar saat beraktivitas, rajin mencuci tangan memakai sabun di air mengalir atau menggunakan penyanitasi tangan, meningkatkan imunitas tubuh masing-masing dengan beristirahat cukup, berolahraga secara teratur, berpikir positif, makan makanan yang bergizi, mengonsumsi vitamin.

"Terapkanlah Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), karena mencegah lebih baik dari pada mengobati," ujarnya. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto