logo

Disiplin Prokes, Syarat Raja Ampat Buka Keran Wisata

Disiplin  Prokes, Syarat  Raja Ampat   Buka  Keran Wisata

Foto: Humas Raja Ampat
17 Desember 2020 21:35 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - WAISAI: Syaratnya, wisatawan harus  disiplin protokol kesehatan (Prokes)   termasuk Rapid Test, maka keran  pariwisata Raja Ampat dapat dibuka. Meski  hanya  bagi wisatawan  lokal saja dulu.

 Memang, diakui penyebaran Covid-19 hingga kini masih menginfeksi  jutaan   manusia di dunia termasuk  Indnesia.

Khusus untuk  objek wisata di Raja Ampat  sudah amat dirindukan  oleh wisatawan lokal, nasional bahkan internasional.

Atas pertimbangan  itu, maka  Pemda dan masyarakat  setempat  berkoordinasi dengan berbagai pihak berkompeten. Intinya, adalah untuk membuka  keran wisata ke  daerah kepulauan  terkenal dengan keindahan bawah lautnya  itu. 

Berbagai infrastruktur keras maupun lunak  disiapkan oleh  Pemda Raja melalui Dinas  Pariwisata. “Keran pariwisata tetap dibuka untuk wisatawan lokal,”kata Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi.N. Lamatenggo.

Dikatakannya, dalam rangka itu, Pemda setempat, melalui Dinas Pariwisata telah menyiapkan Protokol kesehatan khusus bagi wisatawan lokal dan pelaku wisata.

 Tujuannya agar wisatawan dapat menikmati keindahan alam  Raja Ampat dengan nyaman dan wabah Covid-19 di Raja Ampat tak menyebar luas.

Pariwisata, adalah leading sector. Dan, karena itu sektor ini tetap dihidupkan.  Syaratnya,  adalah  protokol  kesehatan  ditegakkan saat berwisata di Raja Ampat.

 Ketegasan ini  harus  diketahui dan diikuti oleh  seluruh wisatawan.

Para pelaku  wisata dipastikan mentaati aturan (protokol kesehatan) ini. Kemudian, pihak terkait harus  mendukung  rencana tersebut.

Karena itu pula,  masukan dan partisipasi semua pihak  terkait sangat dibutuhkan.

 Dinas Pariwisata (Dispar)  menggelar sosialisasi protokol kesehatan yang dihadiri perwakilan Kementerian Pariwisata dan seluruh pelaku wisata.

Tujuannya,  agar protokol  kesehatan  wisata bisa ditaati, dan efektif meredam penyebaran Covid-19 di negeri bahari, surga kecil yang jatuh ke bumi.

“Bagi  wisatawan domestik, datanglah dan nikmati keindahan objek wisata Raja Ampat,”kata Lamatenggo. (Sumber: Humas Raja Ampat) ***