logo

IPO Hadir Dari Pergulatan Insan Pers Untuk Olahraga Indonesia

IPO Hadir Dari Pergulatan Insan Pers Untuk Olahraga Indonesia

22 November 2020 14:28 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.  Rangkaian kata-kata sakti ini mengilhami para wartawan olahraga yang sudah bertahun-tahun meliput kegiatan olahraga di dalam negeri maupun tingkat internasional untuk berpartisipasi aktif dalam menggelorakan semangat kepedulian dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap olahraga. Dari tekad dan semangat inilah  insan pers yang hidupnya terus bergulat dengan olahraga sepakat membentuk yayasan yang memperkuat   keharmonisan insan pers dan insan olahraga dalam mewujudkan cita-cita masyarakat Indonesia yang sehat, kuat dan sejahtera.  

Buah dari pemikiran dan tekad membara itu terwujud dengan lahirnya Yayasan Insan Peduli Olahraga (YIPO) di Jakarta pada tanggal 10 November 2020. Tanggal yang memiliki makna penting dalam perjalanan sejarah bangsa dan negara Indonesia karena selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berlandaskan pada jiwa dan semangat kepahlawanan IPO berharap bisa berperan melahirkan pahlawan-pahlawan yang peduli olahraga dan mencetak prestasi tercepat, tertinggi dan terkuat melalui olahraga. 

Melalui rilis yang dikirim ke suarakarya.id disebutkan,s setelahmendapat legalitas hukum baik akta notaris, pendaftaran di Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), NPWP dan nomor rekening Bank, para Pembina dan poengurus IPO segera bergerak sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan. Melalui rapat marathon para personil IPO menggali kembali pemikiran-pemikiran dan kemudian disempurnakan dan dituangkan dalam program kerja yayasan. 

Program kerja tetap mengutamakan sinersitas antara insan pers dan insan olahraga yang meliputi berbagai bidang. Sebagai langkah awal IPO konsentrasi pada program bidang sosial, pendidikan, kegiatan event olahraga dan pengembangan. 

Bidang Sosial

Mengingat kelahiran IPO pada saat pandemi virus corona (Covid-19) yang memapar Indonesia dan dunia maka program sosial dikedepankan. Dalam bidang sosial ini IPO melaksanakan: 

Bakti sosial pembagian sembako kepada insan pers, insan olahraga dan masyarakat terdampak Covid-19

Menyalurkan Baksos yang diperuntukkan bagi atlet yang sudah tidak aktif 

Membuat dompet donasi

Bidang Pendidikan:

Dalam Pendidikan disusun program yang bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap olahraga baik melalui kursus, workshop, dan pelatihan yang meliputi: 

- Menyenggarakan  kursus jurnalistik ‘Pendidikan Jurnalistik Jarak Jauh’ (PJ3-IPO)

- Menyelenggarakan workshop bersama atlet, pelatih juara dunia dan wartawan senior

- Menyelenggarakan kursus kehumasan 

Bidang Event

Untuk Bidang Event akan bergerak dalam menggelar pertandingan melalui kerja sama dengan berbagai pihak yang antara lain:

- Turnamen Tenis Tingkat Junior

- Turnamen Golf

- Turnamen cabang olahraga lainnya sesuai dengan kerja sama dengan pihak terkait

- Anugerah Insan Peduli Olahraga

Bidang Pengembangan 

Program pengembangan ini berkaitan dengan perkembangan aktivitas IPO meliputi:

- Membuat Web (portal berita) yipo.com/yipo.id

- Penerbitan Tabloid IPO

- Pembuatan medsos 

- Kerja sama pemberitaan untuk pembuatan dan penyebaran rilis, peliputan event

- Pemasangan iklan di media massa

Termasuk beragam dan berkesinambungan aktivitas IPO. Semua dilaksanakan demi mewujudkan kejayaan olahraga Indonesia dan kesejahteraan insan peduli olahraga Tanah Air. IPO yakin dan optimistis semua akan terwujud melalui kecintaan dan sinergisitas serta keharmonisan insan pers dan insan olahraga. ***

DATA DAN FAKTA IPO

Nama : Yayasan Insan Peduli Olahraga (YIPO)

Pendiri : Insan pers atau wartawan peduli olahraga

Berdiri : Selasa, 10 November 2020

Telepon : 081285307397

Whatsapp : 081395089308

Website : IPO News

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCy46apqsUWWKTkj0bqg-E1g 

Facebook : https://www.facebook.com/IPO-115378983714361 

 

Editor : Gungde Ariwangsa SH