logo

Liga Inggris: Chelsea Merangsek Ke Puncak Klasemen

Liga Inggris: Chelsea Merangsek Ke Puncak Klasemen

Tommy Abraham (Chelsea). (Foto: Istimewa).
22 November 2020 04:58 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Chelsea akhirnya sampai ke puncak klasemen Liga Inggris setelah memetik tiga poin penuh di kandang Newcastle pada lanjutan Liga Premier Inggris usai jeda internasional. Pada pertandingan pekan kesembilan yang berlangsung di Stadion St. James' Park, Sabtu (21/11/2020), Chesea menang 2 - 0.

Dua gol Chelsea berasal dari gol bunuh diri Federico Fernandez pada menit ke-10. Disusul gol Tammy Abraham untuk memantapkan Chelsea menggusur Leicester City dari puncak klasemen sementara.

Kendati sama-sama mengoleksi 18 poin, Chelsea punya selisih gol surplus 12 dibandingkan surplus sembilan milik Leicester, sehingga tim biru berhak menduduki posisi lebih tinggi. Sedangkan Newcastle (11) harus rela tertahan di urutan ke-13 klasemen sementara.

Seperti dikutip dari laman resmi Liga Inggris, sejak babak pertama dimulai, Chelsea langsung berusaha menekan tuan rumah serta memaksa kiper Karl Darlow melakukan dua penyelamatan gemilang atas ancaman dari Timo Werner dan sundulan Abraham.

Namun, pada menit ke-10 gawang Newcastle jebol oleh pemainnya sendiri ketika Fernandez berusaha menyapu umpan silang Werner, tetapi malah bola mengenai betisnya dan bersarang ke dalam gawang untuk keunggulan  Chelsea.

Memasuki babak kedua, Werner kembali mendapat peluang emas untuk menggandakan keunggulan Chelsea, tetapi ia gagal menaklukkan Darlow dan umpan tariknya ke arah Hakim Ziyech bisa dipotong. Chelsea kemudian menggandakan keunggulan lewat Abraham yang tenang menyelesaikan umpan terobosan dari Werner pada menit ke-65.

Sean Longstaff hampir membalas untuk Newcastle tetapi tembakannya membentur mistar gawang, lantas Werner berhasil menyarangkan bola ke gawang tuan rumah lagi pada menit ke-75. Namun sayang selebrasinya terpangkas karena hakim garis mengangkat bendera pertanda offside.

Skor 2-0 bertahan hingga bubaran memberi Chelsea bekal positif jelang lawatan ke Rennes untuk lanjutan Grup E Liga Champions pada Selasa (24/11/2020), dan lima hari berselang menjamu Tottenham Hotspur duel sesama tim kota London. ***