logo

Penyintas Covid-19 Diajak Donor Plasma Darah

 Penyintas Covid-19 Diajak Donor Plasma Darah

21 November 2020 23:57 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya mengajak para penyintas (pasien sembuh) Covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya.  Donor protein dan antibodi yang terdapat pada plasma darah para penyintas Covid-19 itu sangat dibutuhkan pasien positif untuk pulih.

Menurut Kabag Pelayanan dan Humas UTD PMI Kota Surabaya Martono Adi, ada puluhan pasien yang belum bisa mendapatkan suntikan plasma konvalesen karena stoknya kosong. “Satu pasien Covid-19 membutuhkan rata-rata dua kantong plasma darah,” ujarnya, Sabtu (21/11/2020).

Pihaknya mempersilakan pendonor untuk datang di kantor UTD PMI di Jalan Embong Ploso, Surabaya yang dibuka Senin−Minggu, mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Mereka yang positif Covid-19 dengan gejala maupun orang tanpa gejala (OTG) dan sudah sembuh, bisa ikut menyumbang plasma.

Sebelumnya, calon pendonor akan dicek antibodinya lebih dahulu. Setelah itu, jika dinyatakan layak, penyintas itu akan diminta datang lagi keesokkan harinya untuk donor plasma.

PMI Kota Surabaya, kata dia, masih membutuhkan 62-65 kantong plasma untuk 31 pasien Covid-19. Sementara, satu pendonor bisa menghasilkan 3−4 kantong plasma, sehingga satu pendonor bisa menolong minimal dua pasien Covid-19 yang sedang berjuang melewati proses penyembuhan.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto