logo

12 Orang Dalam Satu Keluarga Di Solo Terkonfirmasi Positif

12 Orang Dalam Satu Keluarga Di Solo Terkonfirmasi Positif

Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kota Solo, Siti Wahyuningsih
20 Oktober 2020 23:24 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Sebanyak 12 orang dalam satu keluarga di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, positif terkonfirmasi Covid-19. Mereka berasal dari klaster keluarga yang memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19 saat menghadiri pesta ulang tahun.

"Kasus diketahui awalnya tanggal 15 Oktober saat saudara mereka dari luar Solo meninggal dalam kondisi positif Covid-19," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, Selasa (20/10/2020).

Sebelum meninggal, sempat datang ke Bumi untuk menghadiri acara keluarga yakni pesta ulang tahun. Saat datang ke acara tersebut yang bersangkutan sudah merasa tidak enak badan dan beberapa hari kemudian meninggal dunia dan diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

"Setelah itu sejumlah anggota keluarga mereka menjalani tes swab dalam waktu yang berbeda. Pertama ada satu yang positif, kedua empat orang positif, terakhir tujuh orang positif, jadi total ada 12 orang. Memang keluarga besarnya tinggal di rumah itu," jelasnya lagi.

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, meminta kepada masyarakat untuk tidak menggelar acara yang sifatnya mengumpulkan orang banyak terlebih dahulu.

Warga juga diminta untuk saling mengingatkan jika protokol kesehatan tidak diterapkan. Jika masih ada warga yang tidak mau diingatkan, bisa melaporkan ke Satpol PP.

"Termasuk acara keluarga, acara ulang tahun, arisan. Tidak usah dululah. Makanya ini pentingnya jogo tonggo, kalau lihat ada keramaian warga harus mengingatkan," kata Rudy.

Sementara itu data dari Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Solo, mencatat jumlah total pasien terkonfirmasi positif sebanyak 973 orang. Sebanyak 684 sembuh, 193 isolasi mandiri, 59 menjalani perawatan dan 37 pasien meningga dunia. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto