logo

Menkes Dan Dirut BPJS Bicara Di Webinar HUT Partai Golkar

Menkes Dan Dirut BPJS Bicara Di Webinar HUT Partai Golkar

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Direktur Utama BPJS Fachmi Idris saat webinar series dalam rangkaian HUT Partai Golkar ke-56 di Jakarta, Selasa (20/10/2020).
20 Oktober 2020 19:40 WIB
Penulis : Agung Elang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Tema besar yang diangkat Partai Golkar dalam usianya yang ke-56 tahun 2020 ini mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Partai Golkar dianggap partai politik yang peduli terhadap kondisi bangsa dan masyarakat yang saat ini sedang berjuang melawan pandemi Covid-19. 

Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Direktur Utama BPJS Fachmi Idris saat webinar series dalam rangkaian HUT Partai Golkar ke-56 di Jakarta, Selasa (20/10/2020). Seperti diketahui, tema HUT Partai Golkar pada tahun ini adalah, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit, Pilkada Menang.  

“Saya bangga dipanggil untuk mengisi topik HUT Partai Golkar ke-56. Saya melihat topiknya menarik dan itu menunjukkan dedikasi Golkar terhadap kemaslahatan dan kemajuan bangsa di tengah pandemi Covid-19,” kata Terawan. 

Menkes juga berharap seluruh pihak bisa bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.
“Kita semua yakin bangsa Indonesia secara bersama-sama bisa melewati pandemi Covid-19 ini dengan baik,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Fachmi Idris juga menyebutkan tema HUT Partai Golkar ke-56 yang diambil sangat luar biasa. 
“Saya berharap masalah kesehatan bisa jadi mainstream bukan hanya karena ada Covid-19 saja. Kami mengapresiasi dan temanya sangat bagus ya, Indonesia sehat, ekonomi bangkit, dan pilkada menang,” ujarnya. 

Fachmi menilai topik yang diambil Partai Golkar pada HUT-nya yang ke-56 ini dapat membangun optimisme di suasana sekarang ini.
“Kita perlu energi positif. Dengan tema ini, kita semua pihak bisa bergotong-royong, berkontribusi untuk menyehatkan Indonesia,” tuturnya. 

Saat ini bukan hanya Indonesia, lanjut Fachmi tapi juga dunia sedang mengalami pandemi Covid-19. “Jadi tekad  menuju Indonesia sehat, ekonomi bangkit bisa terwujud kalau masyarakat dan seluruh komponen bangsa dapat tercegah penularan dari Covid-19,” ujarnya. 

“Artinya disiplin terhadap protokol kesehatan itu penting, kemudian sektor ekonomi kan berjalan terus ya dan yang tidak mungkin berhenti juga ekonomi harus tetap hidup dan jangan sampai tertular dari Covid-19 itu juga penting,” lanjutnya. 

Dalam paparannya, Fachmi mengatakan peran BPJS kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dengan cara mendukung pemerintah untuk memutus rantai penularan dan fatlitas Covid-19 diantaranya melalui penyesuaian kebijakan pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) yang memperhitungkan edukasi disiplin protokol kesehatan, tracking, tracing Covid-19 sebagai indikator kinerja (angka kontak)
Selain itu juga dilakukan, pelayanan kesehatan secara online. 

“Juga dilakukan pemantauan status kesehatan peserta penyandang penyakit kronis yang merupakan komorbid Covid-19,” ujarnya. ******

Editor : Dwi Putro Agus Asianto