logo

Liga Champions: Chelsea Belajar Kekalahan Dari Muenchen Jelang Hadapi Sevilla

Liga Champions: Chelsea Belajar Kekalahan Dari Muenchen Jelang Hadapi Sevilla

Foto: Istimewa.
20 Oktober 2020 07:02 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kegagalan adalah pengalaman berharga untuk maju. Filosofi itu dianut oleh manajer Chelsea Frank Lampard menjelang laga menghadapi Sevilla pada penyisihan grup Liga Champions, Rabu (21/10/2020) dini hari esok.

Pada Liga Champions musim lalu Chelsea dikalahkan Bayern Muenchen di babak 16 besar dengan agregat 1 – 7. Saat itu Chelsea diperkuat para pemain muda yang belum sarat pengalaman. Sementara sang lawan adalah tim bertabur bintang yang memiliki kekuatan di setiap lini, yang akhirnya keluar sebagai juara.

"Klub Bayern itu adalah platform bagus untuk belajar karena Anda bermain menghadapi yang terbaik, dan kami bermain melawan yang terbaik pada diri Bayern Muenchen," kata Lampard dalam konferensi pers seperti dikutip Antaranews dari Reuters, Selasa (20/10/2020).
"Kami adalah tim muda tahun lalu, bekerja keras untuk berkembang, dan permainan Bayern adalah tolok ukur bagus bagi para pemain muda dalam skuad ini untuk menyadari level yang mesti dicapai. Saya ingat mengalami sendiri hal itu sewaktu menjadi pemain muda," katanya.

"Dari pemain-pemain yang kami bawa, beberapa pemain memiliki pengalaman Liga Champions yang lebih banyak ketimbang yang lain."
Chelsea telah menambahkan pengalaman Liga Champions ke skuadnya pada penutupan musim dengan mendatangkan bek Thiago Silva dan tiga penyerang Kai Havertz, Timo Werner dan Hakim Ziyech. Kendati demikian, tim asuhan Lampard kesulitan menciptakan kecepatan setelah pramusim singkat dan kehilangan konsentrasi saat melawan Southampton yang bangkit menyamakan kedudukan 3-3 di Stamford Bridge Sabtu pekan lalu.

Sevilla bertamu ke Stamford Bridge untuk pertandingan pertama Chelsea di Grup E yang juga dihuni klub Rusia FC Krasnodar dan Stade Rennais dari Prancis. Bermain di kandang sendiri harus dimanfaatkan Chelsea untuk meraih poin penuh guna memantapkan langkah ke babak berikutnya.

"Saya sudah menyebutkan sebelumnya soal konsentrasi, fokus dan disiplin dan itu semakin penting di sini dari pada kompetisi lain karena ini level Liga Champions," tambah Lampard.

"Itulah yang selalu saya tegaskan kepada para pemain yang akan bertanding menghadapi tim berkualitas seperti Sevilla."

Lampard memastikan gelandang Billy Gilmour bakal segera kembali beraksi setelah mulai pulih dari operasi lutut. "Mudah-mudahan dua atau tiga pekan lagi," tutup Lampard. ***