logo

KPU Solo Terapkan Protokol Kesehatan Saat Debat Paslon

KPU Solo Terapkan Protokol Kesehatan Saat Debat Paslon

Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran-Teguh dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo
18 Oktober 2020 22:53 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, akan melaksanakan debat pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo sebanyak dua kali.

Berbeda dengan acara debat pada Pemilu sebelumnya yang menghadirkan massa pendukung masing-masing calon, tahun ini debat dilakukan dengan aturan ketat protokol kesehatan.

"Debat dilakukan di ruang tertutup dengan jumlah undangan dibatasi. Protokol kesehatan Covid-19 tetap dilaksanakan," jelas Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, Minggu (18/10/2020).

Dalam debat tersebut KPU tidak mengundang pendukung masing-masing calon. Hanya ada empat orang dari tim pemenangan masing-masing calon yang diundang hadir dalam debat tersebut. Selain pasangan calon serta anggota Bawaslu dan anggota KPU.

Debat pertama dijadwalkan tanggal 6 November mendatang. Sedangkan debat kedua pada bulan Desember dan belum ditentukan tanggal pastinya.

"Debat kali ini hanya dua kali, dalam debat ini masing-masing pasangan calon diberikan kesempatan memaparkan visi dan misinya kepada publik," jelasnya lagi.

Lebih lanjut Nurul mengatakan, dua stasiun televisi nasional tertarik untuk menyiarkan acara debat antara Paslon Gibran-Teguh dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo itu. Tetapi sampai saat ini pihaknya belum memberikan hak siar tersebut ke salah satu stasiun televisi karena masih menunggu regulasinya.

"Acara debat Paslon untuk Pilwakot Solo ini pasti mengundang minat masyarakat. Tapi kami belum memutuskan memberikan hak siar ke siapa," katanya.

Meskipun akan disiarkan oleh televisi nasional, KPU tetap akan menampilkan secara live acara debat tersebut melalui media sosial resmi KPU Solo. Hal serupa juga pernah dilakukan KPU Solo saat pengundian nomor urut serta deklarasi damai beberapa waktu lalu.

"Kami membuka seluas-luasnya untuk masyarakat," katanya lagi.

Pilwalkot Solo diikuti dua Paslon yakni Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP dan didukung sembilan partai politik serta paslon Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari jalur perseorangan. ***

Editor : Laksito Adi Darmono