logo

Liga Inggris: Tahan Liverpool, Everton Aman Di Puncak Klasemen

Liga Inggris: Tahan Liverpool, Everton Aman Di Puncak Klasemen

Foto: Istimewa.
18 Oktober 2020 06:30 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Seandainya VAR tidak menggagalkan gol Jordan Henderson pada injury timer, Liverpool sudah mengambil alih puncak klasemen dari Everton. Namun nasib baik masih berpihak kepada tim biru dengan membatalkan kemenangan Liverpool sehingga hasil seri 2 – 2 membuat posisi puncak klasemen masih ditempati Everton sampai pekan kelima Liga Inggris.

Dengan hasil imbang di pertandingan pekan kelima Liga primer Inggris musim 2020/21 ini, Everton tetap berada di puncak klasemen sementara dengan perolehan 13 poin dari lima pertandingan, sedangkan Liverpool naik ke urutan kedua dengan terpaut tiga angka dari rival satu kota itu.

Sadio Mane, yang kembali ke skuad setelah pulih dari Covid-19, membawa Liverpool unggul cepat ketika pertandingan belum genap berjalan tiga menit. Mendapat umpan dari Andy Robertson, sang striker melepaskan sontekan kaki kanan di depan gawang.

Gawang Everton dikoyak oleh kapten Liverpool Jordan Henderson pada injury time, tetapi VAR dan wasit Michael Oliver sepakat Sadio Mane terjebak offside dalam proses serangan, sehingga skor 2-2 jadi hasil akhir pertandingan di Goodison Park pada Sabtu (17/10/2020) malam.

Kendati catatan sapu bersih Everton raib, tambahan satu poin cukup mengamankan posisi tim besutan Carlo Ancelotti di puncak klasemen setidaknya sepekan ke depan. Sebab koleksi 13 poin tidak mungkin dikejar oleh tim-tim lain di bawah mereka, termasuk Liverpool (10) yang sementara menduduki posisi kedua.

Kegembiraan juga jadi milik rival Liverpool lainnya, Manchester United, yang meraih kemenangan telak 4-1 atas Newcastle United berkat tiga gol yang mereka hujamkan ke gawang tuan rumah dalam 10 menit terakhir pertandingan di St. James' Park.

Hasil itu menuntun tim besutan Ole Gunnar Solskjaer kembali ke jalur kemenangan setelah menelan kekalahan di dua pertandingan terakhir, sekaligus membuat MU naik ke peringkat ke-14 dengan koleksi enam poin.

Rival sekota MU, Manchester City, juga kembali ke jalur kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas Arsenal berkat gol tunggal Raheem Sterling di Etihad. City kini menempati peringkat kesembilan dengan tujuh poin, sedangkan Arsenal (9) sementara melorot ke peringkat kelima.

Dalam laga lebih awal, Chelsea terpaksa kehilangan dua poin dari tangan mereka lantaran Jannik Vestergaard mencetak gol pada injury time untuk mengantarkan Southampton memaksakan skor imbang 3-3 di Stamford Bridge.

Satu poin yang dibagi cukup membuat Chelsea sementara naik ke urutan keenam dengan koleksi delapan poin, sedangkan Southampton merangsek ke urutan ke-10.

Rangkaian pekan kelima Liga Inggris masih berlanjut Minggu malam ini, dengan Aston Villa berpeluang untuk melanjutkan tren sapu bersih mereka saat bertandang ke markas Aston Villa.

Kedua tim berpeluang menggusur Liverpool dari posisi kedua klasemen sementara sembari memangkas jarak dari Everton. Sementara itu, Tottenham Hotspur berpeluang menyodok ke empat besar jika bisa menang atas tamunya West Ham United.
Dua tim terbawah di klasemen saat ini, Sheffield United dan Fulham, akan bertemu satu sama lain di Bramall Lane berburu kemenangan perdana mereka musim ini. ***