logo

Covid-19, ITS Gelar Tradisi Arak-arakan Wisuda Virtual

  Covid-19, ITS Gelar Tradisi Arak-arakan Wisuda Virtual

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng
17 Oktober 2020 19:03 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Pandemi Covid-19 tidak mengurangi kemeriahan prosesi Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ke-122 yang digelar Sabtu (17/1/2020). Wisuda yang dihelat untuk 2.866 mahasiswa dalam beberapa sesi itu diwarnai tradisi arak-arakan wisuda tapi secara virtual.

Menurut Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, wisuda kali ini sangat istimewa, karena para wisudawan dapat merayakan kelulusan bersama keluarga dan sahabat di rumah masing-masing. "Ini tentunya merupakan hikmah bagi kita semua di tengah-tengah pandemi Covid-19,” ujarnya, Sabtu (17/10/2020).

Arak-arakan wisudawan secara virtual ini menggunakan media permainan minecraft. Wadah ini untuk melanjutkan tradisi dari tahun ke tahun sebagai bentuk selebrasi wisuda ITS. Pihak kampus sendiri menyediakan media menggunakan zoom dan juga bekerja sama dengan komunitas Kakatoa Games Network untuk menyediakan media minecraft.

Menurut Alifa Izzan Akhsani, salah satu wisudawan yang merupakan koordinator dari program ini, para wisudawan yang berminat telah diberikan akses ke dunia minecraft Kampus ITS. Akses yang diberikan berskala 1:1, yang dibuat oleh tim dari komunitas dan mahasiswa baru ITS 2020 melalui channel khusus, sehingga mereka bisa melakukan tradisi arak-arakan tanpa diganggu pihak luar kampus.

Komunitas Kakatoa Games Network sudah menyiapkan beberapa hal baru. “Kami menyediakan fitur khusus untuk moment wisuda dan arak arakan, ada fitur sewa kendaraan wisuda dan juga tempat untuk swafoto di kampus,” ujarnya.

Wisuda ITS semester gasal kali ini terbagi menjadi empat sesi ini dimulai pada 17 – 18 Oktober dan berlanjut pada 24 – 25 Oktober mendatang. Pada sesi pertama, ITS meluluskan sebanyak 734 wisudawan dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FT-IRS). Sesi kedua, akan diikuti 676 wisudawan dari Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian (FT-SPK) dan Fakultas Vokasi (FV).

Dilanjutkan pada sesi ketiga akan diikuti 731 wisudawan dari Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FT-EIC) dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD). Hari terakhir, akan diikuti oleh wisudawan asal Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) dan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) sejumlah 692 wisudawan, serta 33 wisudawan dari Program Profesi Insinyur (PPI).

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi PP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ITS Januar Setyo Widodo ST MM dalam sambutannya secara virtual mengucapkan selamat bergabung dengan keluarga besar alumni ITS kepada seluruh wisudawan ke-122 ini. “Semoga hal ini akan memperkuat kontribusi IKA ITS kepada almamater, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Selain pesta kelulusan, pada serangkaian wisuda ITS kali ini terdapat program bernama Wisuda Berbagi. Ini merupakan bentuk rasa syukur atas terselenggaranya wisuda tahun ini. Salah satu bentuk rasa syukur tersebut adalah dengan mengajak seluruh wisudawan beserta sivitas akademika ITS untuk membantu anak-anak di daerah Jombang, Surabaya, dan Bojonegoro yang kekurangan akses belajar di masa pandemi ini.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto