logo

Polres Pemalang Himbau Nelayan Pakai Masker Saat Melaut

Polres Pemalang Himbau Nelayan Pakai Masker Saat Melaut

Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho diwakil Wakapolres memberi penjelasan masker kepada nelayan di Dermaga Tanjungsari. (Istimewa)
23 September 2020 17:36 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - PEMALANG:Tidak hanya berlokasi di jalanan umum dan pemukiman penduduk saja, upaya preemtif Polres Pemalang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker juga menyasar para nelayan di dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari, Rabu (23/09/2020).

Dipimpin Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho diwakili Wakapolres Pemalang, personil Polres Pemalang bersinergi dengan personil Posal Tanjungsari dalam mengimbau para nelayan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan sebelum berangkat melaut.

“Ketika mendapati nelayan yang belum memakai masker di dermaga, kami mengimbau agar mengambil maskernya dahulu di rumah masing-masing sebelum berangkat melaut,” kata Wakapolres, dalam siaran persnya.

Wakapolres mengungkapkan, hal tersebut dilakukan untuk mengedukasi para nelayan agar menjadikan penggunaan masker sebagai kebiasaan pada adaptasi kebiasaan baru.

“Bagi nelayan yang belum memiliki masker, kami bagikan masker secara gratis,” ungkapnya.

Usai berkeliling di sekitar dermaga Tanjungsari, kapal patroli menyusuri perairan laut Tanjungsari untuk menemui nelayan yang sedang melaut.

Saat kapal patroli merapat ke beberapa kapal nelayan, petugas mendapati para nelayan yang tidak membawa dan memakai masker.

“Di atas kapal, petugas membagikan masker secara gratis kepada nelayan yang tidak membawa masker,” katanya.

Wakapolres Pemalang mengatakan, resiko penularan covid-19 juga dapat terjadi saat nelayan sedang melaut mencari ikan.

“Meskipun berada di laut, penggunaan masker sangat bermanfaat untuk mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 ketika bertemu nelayan dari wilayah lain,” jelasnya.

“Sehingga setelah para nelayan kembali ke dermaga, potensi untuk menjadi carrier bagi keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Tidak hanya memberikan edukasi penggunaan masker dan membagikan masker gratis, petugas juga meminta para nelayan untuk berkomitmen dalam pencegahan covid-19 dengan mengucapkan deklarasi kepatuhan protokol kesehatan.

“Untuk membuktikan komitmennya, para nelayan dengan kompak mengucapkan deklarasi kepatuhan protokol kesehatan dengan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tutupnya.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto