logo

Kementan Gunakan E-RDKK Untuk Salurkan Pupuk Subsidi

Kementan Gunakan E-RDKK Untuk Salurkan Pupuk Subsidi

20 September 2020 14:06 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menyiapkan skema alternatif buat petani yang belum siap mengimplementasikan Kartu Tani. Cara yang digunakan adalah distribusi manual berdasarkan data elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (eRDKK).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementerian Pertanian akan terus mencari cara agar pupuk subsidi bisa diterima petani yang membutuhkan.
 
“Penyaluran pupuk subsidi dipastikan tidak akan menemui kendala, kendati saat ini sedang dalam masa transisi penggunaan Kartu Tani. Sebagai gantinya, petani yang belum mendapatkan Kartu Tani akan tetap mendapatkan pupuk subsidi secara manual jika tercatat dalam eRDKK,” tuturnya, Minggu (20/9/2020).

Menurutnya, tetap didistribusikanya pupuk subsidi di masa transisi Kartu Tani adalah bentuk keseriusan Kementan untuk mendukung petani. 
 
Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, mengatakan Kementan akan tetap memastikan petani yang terdaftar di eRDKK mendapatkan haknya.

“Pupuk subsidi akan tetap dibagikan buat petani yang memang berhak mendapatkannya, berdasarkan data di eRDKK. Apalagi petani yang berhak mendapatkan pupuk subsidi sudah diatur dalam Permentan 01/2020,” katanya. 

Menurut Sarwo Edhy, dalam Permentan 01/2020 disebutkan jika pupuk bersubsidi diperuntukan bagi petani yang telah bergabung dalam Kelompok Tani. 

“Petani penerima pupuk bersubsidi adalah petani yang melakukan usaha tani sub sektor tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, dan peternakan dengan lahan paling luas 2 hektare. Petani juga melakukan usaha tani sub sektor tanaman pangan pada PATB,” terangnya.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto