logo

Ini Tips Cegah Penyebaran Covid-19 Di Tempat Kerja

 Ini Tips Cegah Penyebaran Covid-19 Di Tempat Kerja

Kepala Dinas Kesehatan DKi Widyastuti
19 September 2020 18:12 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA:Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat ini, ternyata masih banyak warga yang masuk kerja dan bepergian ke tempat-tempat keramaian.

Menyikapi fakta di masyarakat itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widiyastuti mengatakan, Pemprov DKI minta pimpinan perusahaan dan pengelola gedung tidak main-main dengan pandemi Covid-19.

"Kami minta para pimpinan kantor dan pengelola tidak melanggar PSBB Diperketat ini. Kami akan memberlakukan denda maksimal sesuai Pergub No 88Tahun 2020," katanya.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta membagikan tips panduan jarak sosial yang bisa dilakukan, demi mencegah penyebaran virus Corona di tempat kerja. Pertama, hindari pertemuan langsung.

Gunakan konferensi online, email atau telepon jika memungkinkan. Bahkan saat berada di gedung yang sama. Kedua, pertemuan tatap muka yang tak terhindarkan, waktu harus terbatas, ruangan besar, tidak duduk berdekatan dan hindari kontak fisik.

Ketiga, batalkan atau tunda perjalanan dinas, pertemuan yang tidak penting, seminar, pelatihan dan sejenisnya.

Keempat, jangan berkumpul di ruang kerja, dapur, ruang mesin foto kopi, area lain di tempat kita biasa bersosialisasi. Jaga jarak 2 meter. Kelima, bawa makan siang dan makan di meja sendiri, jauh dari orang lain. Hindari ruang makan siang dan restoran ramai.

Keenam, sebisa mungkin hindari transportasi umum, atau pergi lebih awal, atau terlambat, untuk menghindari kontak fisik di perjalanan.

Ketujuh, batasi gathering, team building, dan kegiatan lain di mana kemungkinan terjadi kontak dekat orang lain. Untuk tempat kerja area publik, perketat penggunaan masker, jaga jarak aman, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand saitizer (empat jam sekali).

Saat tiba di rumah, jangan menyentuh anggota keluarga sebelum mandi dan ganti pakaian kerja. Cuci pakaian dan masker dengan deterjen. Masker sekali pakai dirobek basahi dengan disinfektan sebelum dibuang. Selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto