logo

Pilkada Kota Semarang, Petahana Dipastikan Melawan Kolom Kosong

   Pilkada Kota Semarang, Petahana Dipastikan Melawan Kolom Kosong

Foto: Ilustrasi
19 September 2020 13:36 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Rapat pleno KPU Kota semarang memastikan, duet calon petahana Hendrar Prihadi (Hendi) - Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita), bakal melawan kolom kosong dalam Pilwalkot Semarang 9 Desember 2020.

Pihak KPU Kota Semarang menyebut berkas pendaftaran bakal calon Wali Kota Semarang Hendi-Ita lengkap. Hal tersebut disampaikan KPU saat pleno tertutup untuk mengumumkan verifikasi berkas pendaftaran calon kepala daerah.

Kepastian kelengkapan dan keabsahan berkas dinyatakan KPU setelah melalui serangkaian proses verifikasi. Hendrar Prihadi resmi berpasangan kembali Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan duet ini akan melawan kolom kosong.

Kolom kosong tadi adalah kolom tanpa gambar calon pada surat suara. Jadi tidak ada istilah kotak kosong dalam Pilwalkot Semarang 2020, yang hanya diikuti pasangan calon tunggal, Hendi - Ita.

Meski cuma melawan kolom kosong, masyarakat tetap harus datang ke TPS, untuk mencoblos Hendi - Ita atau Kolom Kosong. Bagi masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya, maka tidak akan masuk dalam perhitungan.

Selaku bakal calon Wali Kota Semarang, Hendi mengaku siap bertarung dengan kolom kosong. "Baik melawan kolom kosong maupun yang ada isinya, kami sejak awal sudah siap berjuang," katanya, Jumat (18/9/2020).***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto