logo

Pertanian Sumatera Selatan Dimaksimalkan Dalam TOF SIMURP

Pertanian Sumatera Selatan Dimaksimalkan Dalam TOF SIMURP

19 September 2020 13:17 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - PALEMBANG: Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan meningkatkan kapasitas penyuluh melalui kegiatan Training of Farmer (TOF) Climate Smart Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP). 

Kegiatan ini diselenggarakan 8 sampai 10 September 2020 di BPP Karang Agung Ilir, Kecamatan Karang Agung Ilir, Kabupaten Banyuasin.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, petani dan penyuluh harus terus meningkatkan kemampuannya. 

“Tuntutan kita adalah menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Artinya, kita harus terus tanam. Dan untuk memastikan pangan tidak boleh ada masalah, kemampuan dan pengetahuan petani dan penyuluh harus ditingkatkan,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, ToF memiliki banyak manfaat buat pertanian.

"Training of Farmer (TOF) CSA bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan peserta tentang pertanian cerdas iklim (Climate Smart Agriculture/CSA), meningkatkan kapasitas petani yang akan melaksanakan paket CSA dalam proyek SIMURP," ujarnya.

Dinas Pertanian Sumatera Selatan sangat mendukung kegiatan ini dan terus menerus memotivasi penyuluh pertanian lapangan agar terus mendorong petani berinovasi. Penyuluh juga dimintamemanfaatkan teknologi tepat guna dalam upaya meningkatkan produksi pertanian.

“Petani Peserta ToF CSA Kegiatan SIMURP ini diharapkan dapat menerapkan paket CSA dalam proyek SIMURP sehingga dapat membantu mensukseskan kegiatan SIMURP ini agar tujuan SIMURP dapat tercapai dan terjadi peningkatan Indek Pertanaman (IP) di Kecamatan Karang Agung Ilir lokasi SIMURP,” ujar Kepala Bidang PPHPP Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan, Darwan Agus, SP, MM. 

Petani peserta TOF CSA Kegiatan SIMURP ini untuk mengikuti TOF dengan sebaik-baiknya. Sehingga, ilmu yang didapat dapat diaplikasikan dan dicontoh oleh petani yang ada di Kecamatan Karang Agung Ilir Kabupaten Banyuasin.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang PPHPP Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan, saat membuka Training Of Farmer (TOF) Climate Smart Agriculture, Selasa (08/09/2020), di BPP Karang Agung Ilir Kabupaten Banyuasin. 

Kepala Bidang PPHPP Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan juga menghimbau agar para pihak baik itu peserta dan panitia harus tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) di Era New Normal di tengah pandemic Covid-19.

Pembukaan Training Of Farmer (TOF) Climate Smart Agriculture (CSA) dihadiri oleh Kepala Bidang PPHPP Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin, Kasi Penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan, Kasi Metode dan Informasi Penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin.

Hadir juga Koordinator Penyuluh Provinsi Sumatera Selatan, Narasumber, Fasilitator  dan Peserta TOF CSA Kegiatan SIMURP. 

Peserta TOF CSA Kegiatan SIMURP berjumlah 24 orang terdiri dari ketua Gapoktan, pengurus dan anggota kelompok tani yang ada di Kecamatan Karang Agung Ilir Kabupaten Banyuasin. 

Materi yang disampaikan kepada peserta TOF CSA Kegiatan SIMURP mengacu pada 11 modul CSA.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto