logo

Panglima TNI Terima US Under Secretary Of Defense For Policy

Panglima TNI Terima  US Under Secretary Of Defense For Policy

Foto: Puspen TNI/suarakarya.id
17 September 2020 21:36 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima kunjungan kehormatan US Under Secretary of Defense for Policy, Dr. James H. Anderson, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/09/2020).

Dalam kunjungan Dr. James H. Anderson yang didampingi oleh Deputy Chief of Mission Heather Variava, DASD Reed Werner dan Acting Athan Capt (N) Stacey Prescott membahas kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan TNI. 

Kegiatan kerja sama yang tertunda akibat pandemi Covid-19 akan tetap berlanjut,  terutama kerja sama bidang pendidikan. 

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Panglima TNI dan US Under Secretary of Defense for Policy, Dr. James H. Anderson, juga membahas tentang penanganan Pandemi Covid-19.

Kedua pejabat berharap Pandemi Covid-19 dapat segera berakhir, sehingga berbagai kegiatan bilateral dapat kembali dilanjutkan.

Disamping itu, Panglima TNI menyampaikan rasa keprihatinan terhadap kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di pantai barat Amerika Serikat.

Panglima TNI juga sempat menjelaskan kepada  US Under Secretary of Defense for Policy, Dr. James H. Anderson,bagaimana TNI bekerja sama dengan Polri, instansi terkait, dan masyarakat luas dalam penanganan berbagai bencana yang terjadi di Indonesia pada periode 2018 s.d 2019.

Terkait kawasan, kedua pejabat sepakat bahwa Laut China Selatan memiliki nilai strategis, tidak hanya bagi Asia Tenggara, tetapi juga bagi dunia internasional. Dengan demikian setiap permasalahan di wilayah tersebut hendaknya diselesaikan dengan mengedepankan pendekatan perdamaian berdasarkan prinsip saling menghormati dan saling percaya.

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak berharap kerja sama kedua negara akan ditingkatkan dan semakin kuat.

Turut mendampingi Panglima TNI dalam kegiatan ini Asrenum Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Wakabais TNI dan Kapuskersin TNI. (Puspen TNI) ***