logo

Kegiatan PLEK IPDMIP Di Banyumas Dilaksanakan Di Dua Tempat

Kegiatan PLEK IPDMIP Di Banyumas Dilaksanakan Di Dua Tempat

16 September 2020 13:54 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BANYUMAS: Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar kegiatan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) IPDMIP di dua lokasi, BPP Kecamatan Kembaran dan BPP Kecamatan Karanglewas.

Total peserta kegiatan PLEK IPDMIP di Banyumas berjumlah 20 orang. Rinciannya, di BPP Kecamatan Kembaran peserta berjumlah 11 orang terdiri dari ketua kelompok tani (poktan) berikut pasangannya.

Sementara di Kecamatan Karanglewas PLEK IPDMIP diikuti oleh 9 ketua poktan bersama pasangan.

Di BPP Kembaran, kegiatan pelatihan dibuka oleh Kabid Bina Usaha dan Penyuluhan, Tjut Viviani  Kemala.  Sedangkan di BPP Karanglewad, pelatihan dibuka Nunung Nuryanti dan dihadiri oleh Koordinator BPP setempat

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan kegiatan PLEK mengajarkan SDM pertanian untuk mengerti manajemen.

“Pada dasarnya pertanian itu tidak akan bikin rugi. Kalau ada yang rugi, itu karena salah manajemen. Pertanian itu menguntungkan dan dibutuhkan semua manusia. Karena semua manusia membutuhkan pangan,” tutur Mentan SYL, Rabu (16/9/2020).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan PLEK bagian dari peningkatan SDM pertanian.

“Kemampuan SDM pertanian harus ditingkatkan. Caranya bisa dengan pelatihan-pelatihan. Salah satunya melalui PLEK,” tuturnya.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto