logo

Poktan Kabupaten Bima Semangat Mengikuti PLEK IPDMIP

Poktan Kabupaten Bima Semangat Mengikuti PLEK IPDMIP

16 September 2020 05:32 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BIMA: Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, melaksanakan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) Bagi Ketua Kelompok Tani dan Penyuluh Swadaya Program IPDMIP. Kegiatan ini dilangsungkan di sejumlah lokasi, yaitu BPP Bolo, BPP Langgudu, BPP Wera, BPP Sape, dan BPP Palibelo. 

Kegiatan PLEK yang dilaksanakan selama 4 hari, 14 sampai dengan 17 September 2020, diikuti oleh 20 pasang suami istri.

Menteri Pertanian  Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan memberi perhatian serius pada program IPDMIP karena salah satu tujuannya adalah meningkatkan ketahanan pangan.

“Pendapatan masyarakat perdesaan target kegiatan IPDMIP di Indonesia bisa turut meningkat,” tutur Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menjelaskan PLEK turut membantu meningkatkan kualitas SDM pertanian.

“Pembangunan pertanian tidak bisa dipisahkan dari pembangunan SDM pertanian. Justru pembangunan pertanian harus diawali dari pembangunan SDM, yaitu petani, penyuluh, petani milenial, poktan dan gapoktan,” tuturnya.

Menurut Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementan Leli Nuryati, kegiatan pelatihan ini menggunakan video tutorial sebagai bahan ajar serta format laporan keuangan dalam bentuk tercetak. 

“Sementara tenaga pelatihnya adalah penyuluh pertanian atau staf lapangan IPDMIP yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya,” terangnya.

Sedangkan Kepala Bidang Penyuluhan pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Kisman HM, mengatakan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan ini menggunakan pendekatan keluarga sebagai tim.

“Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan usaha tani serta bagaimana mengakases produk dan layanan keuangan pertanian pertanian seperti kredit usaha tani (KUR) dan Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP),” ujar Kisman.

Kegiatan Pelatihan ini di supervisi oleh Puji Prabowo selaku tim NPIU/Pusat Penyuluhan Pertanian bersama dengan Gun Aryadi selaku Konsultan Regional dan Ikhsan sebagai konsultan DPIU/kabupaten serta Zulkifli sebagai tim monev Dipertabun kabupaten Bima.

Editor : Gungde Ariwangsa SH