logo

Jadi Ikon Baru Kota Semarang: Lompatan Terbaik Tentrem Beri "Value"

Jadi Ikon Baru Kota Semarang: Lompatan Terbaik Tentrem Beri

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) bersama 5 bersaudara pemilik Tentrem Grup, masing Irwan Hidayat, Sofyan Hidayat, Johan Hidayat, Sandra Hidayat dan David Hidayat menandatangani prasasti grand opening Hotel, Mall, dan Apartemen Tentrem di Kota Semarang
13 Agustus 2020 23:59 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - SEMARANG: Proyek terintegrasi karya anak bangsa telah hadir memperkuat branding Kota Semarang sebagai kota pariwisata sekaligus kota bisnis di Ibu kota Jawa Tengah ini. 

Tentrem Semarang, besutan terbaru dari PT Hotel Candi Baru (HCB) setelah sebelumnya sukses dengan Tentrem Yogyakarta, kini hadir lebih lengkap memanjakan kebutuhan pelanggan dengan konsep terintegrasi yakni terdiri dari hotel bintang 5, Mall, dan Apartemen.

Dan kini telah beroperasi di bulan Agustus 2020, ditandai dengan opening ceremony yang dilangsungkan, Kamis, 13 Agustus 2020.

Hadir pada moment spesial ini adalah segenap pemilik Tentrem Group, yakni 5 bersaudara, masing Irwan Hidayat, Sofyan Hidayat, Johan Hidayat, Sandra Hidayat dan David Hidayat, anak-anak generasi keempat SidoMuncul beserta Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wal Kota Hevearita G. Rahayu dan Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin. Tampak juga Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto dan sehari sebelumnya sempat menginap rombongan dalam kunjungan kerja di Jateng, Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan istri, Hetty Andika Perkasa.

Ikut mendampingi tamu-tamu kerhomatan dari manajemen hotel, mall dan apartemen, yakni Mey Nurnaningsih selaku Corporate General Manager, Christophorus Yulianto, Hotel Manager Hotel Tentrem Semarang, dan Nadya Lonianto selaku Deputy General Manager Tentrem Mall & Tentrem Suite.

Pembukaan ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh segenap pemilik Tentrem Group dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau Mas Hendi.

"Tentrem Semarang merupakan sebuah proyek prestisius dalam sebuah bangunan mix-used, yang terdiri dari Hotel Tentrem Semarang, sebuah hotel bintang 5; Tentrem Suite yang terdiri dari 88 unit premium apartment; dan Tentrem Mall, sebuah lifestyle mall yang menjadi lifestyle mall pertama di Semarang," kata Irwan Hidayat yang juga selain salah satu owner SidoMuncul juga Dirut PT Hotel Candi Baru (HCB) sebagai holding dari koporasi ini 

Proyek terintegrasi ini dimulai dari bulan April 2016 dan secara bertahap telah dioperasikan secara bertahap mulai dari 13 Agustus 2020.

Bangunan 19 lantai ini memiliki letak yang strategis tepat di jantung kota Semarang, yakni di Jl. Gajah Mada No. 123, hanya berjarak sekitar 300 m dari Simpang Lima. Hotel Tentrem Semarang menghadirkan 211 kamar, 5 dining outlet, fitness, spa, kids playground, dan fasilitas MICE.

Tentrem Mall memberikan pengalaman baru, bukan sekedar menjadi pusat perbelanjaan dan gaya hidup, namun juga menjadi destinasi yang menambah kekayaan wisata kota Semarang dengan menyajikan pengalaman yang berbeda.

Hadirnya akuarium raksasa di Lantai Dasar (Ground Floor), taman gantung yang mengitari akses menuju tempat parkir umum dan videotron di langit-langit atrium. Tak hanya pemandangan bawah laut yang sempat viral beberapa saat lalu, nantinya akan ada beragam tayangan pada layar videotron, seperti pemandangan angkasa, indahnya aneka bunga, dan beberapa pemandangan lain yang menyajikan kekayaan alam.

Hal ini diharapkan dapat menjadi edukasi dan inspirasi, supaya pengunjung dapat lebih peduli, mencintai dan menjaga alam sekitar Kota Semarang diharapkan dapat membawa banyak kebaikan bagi Ibu Kita Jateng ini, dengan menyerap tenaga kerja, pemasukan pendapatan asli daerah dengan pembayaran pajak hotel dan restoran, serta mengangkat UMKM kuliner yang disajikan setiap harinya dalam buffet breakfast hotel, seperti Pecel Mbok Kami Ambarawa, Asem Asem Koh Liem, Wedang Tahu Pak Pardi, Tahu Pong Karangsaru, Nasi Gandul Pak Subur, dan masih banyak lagi.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, mengungkapkan apresiasinya karena Tentrem tetap membuka usaha dalam masa pandemi ini,.

“Disaat sebagian besar pengusaha menutup atau menunda, Tentrem tetap teguh berjalan dan membuka jalan untuk banyak orang. Saya apresiasi tinggi untuk Pak Irwan Hidayat dan Pak David Hidayat serta saudara kandung beliau lainnya yang telah berkontribusi besar untuk kemajuan Kota Semarang yang kita cintai bersama,” ujarnya dalam sambutan di acara Opening Ceremony di ballroom Hotel Tentrem Semarang, Kamis (13/08/2020)

Hendrar Prihadi juga mengungkapkan kekagumannya pada Hotel Tentrem sebagai merk lokal yang dapat menghadirkan standard internasional yang sudah terakui. Wali Kota sarat prestasi ini juga memberikan kesan mendalam atas inisiasi dan afirmasi pemilik Hotel Tentrem  menghadirkan UMKM Kota Semarang terutama kulineran untuk diangkat klasnya menjadi calon pemain kuliner di hotel klas dunia.

"Mudah-mudahan Tuhan selalu memberkati niat baik dan usaha keras pendiri dan pemilik integrasi Tentrem dari hotel, mall dan apartemen bagi kemanfaatan masyarakat Semarang dan sekitarnya," ungkap Walkot Hendi.

Dalam acara ini, dilakukan pula penandatanganan naskah hibah Shelter BRT Gajahmada dari Tentrem Semarang kepada Pemkot Semarang. Penandatanganan dilakukan oleh Hendrar Prihadi dan David Hidayat mewakili Tentrem Group.

Irwan Hidayat mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang mendukung berjalannya proyek ini.

"Apresiasi tinggi disampaikan kepada Pemkot Semarang sehingga  proyek ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, mulai dari perijinan hingga pembangunannya. Kepada jajaran Kepolisian dan TNI yang telah memberikan rasa aman selama proyek berjalan. Dan tentunya pada masyarakat sekitar atas toleransinya selama proyek berjalan,"ucap Irwan yang dikenal publik sebagai Influencer dan sosiopreneur ini.

Hotel Tentrem Semarang menjadi sebuah paradigma baru dengan balutan kemewahan dalam suasana tradisional. Terletak di pusat kota, hanya 300 meter dari Simpang Lima, hotel bintang lima ini menghadirkan sebuah oase ketenangan dengan nuansa tradisi di kota Semarang.

Sementara itu David Hidayat menjelaskan makna nama “Tentrem” diambil dari bahasa Jawa yang memberi arti mendalam akan nilai kehidupan masyarakat Jawa akan perasaan yang damai.

"Makna ini juga membawa konsep keselarasan antara alam semesta dan kehidupan manusia yang tenang dan membawa kedamaian. Memfokuskan pada layanan yang lebih dari sekedar bintang lima dengan layanan dan fasilitasnya, Hotel Tentrem menyajikan konsep kemewahan yang dikombinasikan dengan pengalaman bernilai akan sentuhan lokal Semarang, yaitu tradisi Cina Peranakan," jelas Dirut SidoMuncul ini.

Menurut bungsu dari generasi kedua SidoMuncul (mendiang Jahja dan Desy Hidayat) Hotel Tentrem memiliki 211 kamar bernuansa modern dan dipadukan dengan sentuhan tradisional Cina Peranakan.

Terbagi menjadi kategori Deluxe, Premier, Executive Room, Junior Suite, Executive Suite dan Presidential Suite Room, kamar dilengkapi dengan fasilitas yang memberikan kenyamanan, keamanan, dan dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti IPTV (Internet Protocol TV), layanan TV satellite, jaringan internet berkecepatan tinggi, Mini Bar, dan In-room safe deposit box.

Selain itu, Hotel Tentrem Semarang juga mengelola 23 kamar Tentrem Suite yang terdiri dari Two-Bedroom, Three-Bedroom dan Penthouse yang terdiri dari 4 (empat) kamar.

David juga mengajak penyuka kuliner Semarang bisa menikmati sajian di restoran Hotel Tentrem Semarang: Summer Palace Chinese Restaurant, Kayumanis Coffee Shop, Eboni Bar & Lounge, Pool Bar dan Herbal Cafe.

L"dari sekedar tempat bersantap, Summer Palace Chinese Restaurant yang terletak di Mall Tentrem menghadirkan suasana oriental dengan ragam menu dan cita rasa yang otentik. Hidangan Western, Asian, menu menu asli Indonesia dapat dinikmati di Kayumanis Coffee Shop dalam ragam buffet dining ataupun alacarte,"ungkapnya.

Selain itu, kata dia, tersedia Eboni Bar & Lounge bagi yang mencari kenyamanan bertemu dengan keluarga, rekan kerja, dan seluruh relasi ditemani berbagai pilihan makanan dan minuman ringan.

D"tarik lain dari Eboni Bar & Lounge terdapat Bluthner Lucid Piano, yang merupakan grand piano transparan dari Bluthner yang merupakan produsen piano terkenal dari Jerman. Berbagai racikan jamu tradisional dinikmati di Herbal Café yang terletak di Lobby Hotel Tentrem Semarang," kata David.

Ketika kebugaran dan revitalisasi menjadi gaya hidup dan kebutuhan penting, Gaharu Spa dan Fitness menjawab dengan kesediaan alat kebugaran dari Life Fitness®, sampai beragam menu perawatan tubuh, yoga, ataupun meditasi.

Terdapat pula kolam renang dewasa dan kolam anak, yang tentunya menghadirkan keceriaan bagi setiap anggota keluarga. Tak hanya itu, si buah hati dapat menghabiskan waktu di Kids Playground yang dilengkapi berbagai fasilitas permainan anak yang edukatif dan imajinatif.

Ekslusivitas dan kenyaman tamu adalah segalanya. Excecutive Lounge tersedia bagi tamu yang meginap di Executive Floor. Selain menyajikan sarapan pagi dan complimentary cocktail & evening tea yang eksklusif, tamu juga dapat menikmati fasilitas perpustakaan, wi fi untuk akses internet, koran harian, dan majalah***