logo

Istri KASAD Dan IDI Yakini Jamu Mampu Tingkatkan Sel-T

Istri KASAD Dan IDI Yakini Jamu Mampu Tingkatkan Sel-T

12 Agustus 2020 23:58 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - SEMARANG: Di tengah pandemi Covid-19, obat herbal termasuk Tolak Angin Sido Muncul banyak diminati masyarakat, karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Minum Tolak Angin Sido Muncul dua kali sehari dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistim imun sehingga tubuh mampu melawan berbagai penyakit.

Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Muhamad Adib, saat mengikuti kunjungan Ketua Umum Persit Chandra Kirana Ibu Heety Andika Perkasa ke pabrik Sido Muncul, Rabu Sore, mengungkapkan kekebalan tubuh salah satunya dibentuk oleh Sel T. Untuk meningkatkan sel T ini , banyak masyarakat yang mengkonsumsi food suplemen atau vitamin, obat herbal, jamu dan Fitifarmaka untuk meningkatkan sel T.

“Peningkatan Sel T ini berdasarkan riset mampu meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi bukan untuk satu penyakit. Sehingga disaat Pandemi ini, mengkonsumsi suplemen, herbal baik itu jamu maupun fito farmaka bermanfaatuntuk meningkatkan kekebalan tubuh,” jelas Adib

Guna meningkatkan kekebalan tubuh ini tidak cukup hanya minum jamu, tetapi juga harus makan makanan bergizi , olah raga dan lainnya. Sel T merupakan salah satu perlindungan tubuh, karena dengan peningkatan Sel T ini tubuh akan terlindungi dari penyakit.

Menyinggung soal produksi Vaksin Covid-19, Adib mengaku saat masih masih proses percepatan dan saat ini sudah uji klinis dan sudah mencapai tahap 3. Diharapkan Vaksin ini dapat segera diproduksi paling cepat Januari tahun depan. Direktur PT Industri Farmasi dan Jamu Sido Muncul Irwan Hidayat disela-sela kunjungan Ketua Umum Persit Chandra Kirana  Hetty Andika Perkasa mengatakan, melihat jamu mampu meningkatkan Sel T, Sido Muncul akan melanjutkan penelitian produk unggulan Tolak Angin, untuk membuktikan apakah Tolak Angin juga bermanfaat untuk ketahanan tubuh terhadap Covid-19 dan virus-virus yang lain.

Tolak Angin, lanjutnya, telah melakukan Uji Khasiat atau Uji Manfaat pada 2007 oleh Lembaga Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang di bawah pimpinan Prof dr Edi Dharmana MSc Ph D Sp. Hasilnya minum Tolak Angin dua sachet dalam sehari terbukti meningkatkan sel-T secara umum yang merupakan indikator daya tahan tubuh, baik orang yang sehat maupun orang sakit.

“Saya juga minum Tolak Angin dua kali sehari, dan ini mampu meningkatkan kesehatan. Untuk itu saya akan melanjutkan peneltian untuk Tolak Angin, untuk membuktikan apakah Tolak Angin juga mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap Covid-19 dan virus-virus yang lain,” tutur Irwan.

Ditambahkan Irwan sel- T sangat penting untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit, sehingga sebelum vaksin dan obat untuk Covid-19 ditemukan, tidak ada salahnya untuk minum Tolak Angin dua kali sehari untuk meningkatkan sel-T yang ,karena dengan meningkatnya sel T, kekebalan tubuh akan meningkat pula.

“Dulu saya sering sakit tenggorokan kronis dan faringitis, sering meriang. Saya minum Tolaka Angin dan juga permen Tolak Angin , hasilnya sembuh dan faringitis saya jarang kambuh,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum Persit Chandra Kirana Ibu Hetty Andika Perkasa, mengaku kagum dengan pabrik Sido Muncul yang dilengkapi mesin-mesin modern dan sangat Hiegienis.

“Saya juga minum Tolak Angin untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk itu saya sangat berterima kasih kepada Sido Muncul karena memberikan bantuan Tolak Angin dan Kapsul JSH, kepada Persit Chandra Kirana,”tambahnya***