logo

Saleh Husin Pindah Gowes Ke Gunung Dan Hutan Sejauh 51 Km

Saleh Husin Pindah Gowes Ke Gunung Dan Hutan Sejauh 51 Km

09 Agustus 2020 10:14 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Olahraga sudah merupakan kegiatan rutinitas Saleh Husin guna menjaga kebugaran bersama teman-temannya. Biasanya Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia  (MWA UI) ini gowes di beberapa lokasi jalan raya di Jakarta yang memiliki jalur aman untuk olahraga ini. 

Namun belakangan ini suasana kota Jakarta pada saat ahir pekan selalu dipenuhi oleh orang yang berolahraga, baik yang jalan, lari maupun bersepeda. Sementara di sisi lain saat ini pandemi Covid-19 trendnya meningkat sehingga kita perlu ekstra hati hati dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

"Hal ini yang membuat saya beralih gowesnya ke lingkungan gunung dan hutan yang sepi," kata Saleh Husin,  mantan Menteri Perindustrian usai gowes bersama teman-temannya menyusuri jalur jalan di luar Jakarta,  tepatnya di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor, Sabtu (8/8/2020). 

Pada Sabtu  pagi  itu Saleh Husin yang kini juga menjabat sebagai Managing Director Sinarmas  bersama teman-temannya yaitu pengacara Meidy Juniarto, Direktur Bank Danamon Heriyanto AP,  pengusaha Alfi Dasaat dan beberapa teman gowes lainya telah siap start  dari Bintaro sektor 9, Tangerang Selatan. 

Mereka menuju Gunung Sindur, Kabupaten Bogor melalui jalan jalan setapak lanjut masuk hutan-hutan bambu yang terjal dan berlumpur serta kadang sempit.

Setelah itu masuk menuju bukit yang terjal, kadang menurun dan kadang berlumpur, serta berlubang. Jadi tentu dituntut harus cekatan dan perlu ektra hati hati. 

Ada satu ruas di atas bukit dimana jalannya berlumpur dan berlubang karena bekas ban kendaraan berat. "Kondisi jalan  licin yang membuat roda sepeda saya terselip sehingga saya terjatuh. Tapi dengan reaksi cepat saya langsung berdiri dan melaju lagi dengan sepeda," ujar Saleh Husin sambil tertawa.

"Jadi disitulah asyiknya bersepeda di gunung dan hutan yang penuh dengan tantangan. Hari ini kami menempuh jarak sekitar 51 kilometer," tutur  Saleh Husin menambahkan. 

Selama gowes Saleh Husin dan teman-teman melewati beberapa spot yang pemandangannya indah dan penuh kehijauan pepohonan yang tidak akan ditemui di kota. "Kami stop sejenak untuk diabadikan menjadi foto-foto yang berkesan. Jadi olah raganya dapat, rekreasinya juga dapat, " ujar Saleh Husin. ***