logo

KRI Sultan Hasanuddin Latihan Dengan Kapal Perang Turki

KRI Sultan Hasanuddin Latihan Dengan Kapal Perang Turki

07 Agustus 2020 20:48 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - TURKI: Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Hasanuddin-366 yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL 2019, dikomandani oleh Letkol Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS., sekaligus Dansatgas MTF melaksanakan latihan Passex (Passing Exercise) dengan kapal perang Turki TCG Bozcaada F-500 dan kapal perang TCG Karpaz P-1213 di perairan Mediterania, Kamis(6/8/2020). 

Latihan bersama Passex ini digelar antar kedua kapal perang tersebut merupakan  sebagai bentuk tradisi TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Turki dalam upaya mempererat persahabatan antar kedua Negara. Mengingat dalam tugas,TNI Angkatan Laut mempunyai tiga misi yakni, militer, policy, serta diplomatik.

Latihan Passex merupakan serangkaian kegiatan latihan yang sering dilaksanakan oleh kapal-kapal perang di seluruh dunia yang sifatnya insidensial, dimana saat kapal perang suatu Negara memasuki atau melakukan kunjungan serta lawatan ke negara lain.

TCG Bozcaada F 500 yang dikomandani oleh LT CDR Turgay Oksuz adalah kapal perang jenis burak-class Anti Sub-Marine Warfare (ASW) corvettes dibuat pada tahun 1978 di perancis yang bernama Commandant de pidoman.  Sebelumnya kapal perang ini di gunakan oleh Angkatan Laut perancis  dan pada tahun 2001 di hibahkan ke Turkish Navy diberi nama Bozcaada. Sedangkan TCG Karpaz P-1213 dikomandani oleh LTJG Serkan Gunes adalah salah satu kapal Patroli Angkatan Laut Turki kelas Tuzla. Kapal ini melakukan tugas patroli, keamanan dan anti kapal selam di sekitaran Pelabuhan serta daerah-daerah pesisir.

Pelaksanaan  Passex yang dilaksanakan kurang lebih 2 jam ini berjalan aman dan lancar. Adapun materi latihan di antaranya: Flaghoist, Maneuvering Exercise serta Mailbag Transfer. Kegiatan ini juga didukung oleh crew Heli Dauphin AS-365 N3+ HR-3601 yang On Board di KRI Sultan Hasanuddin - 366.

Di akhir latihan Komandan KRI Sultan Hasanuddin 366 melalui jaring radio komunikasi, saling memberi ucapan terimakasih atas pelaksanaan kerjasama latihannya kepada Komandan TCG Bozcaada F-500, serta selamat bertugas kepada Komandan  TCG Bozcaada F-500 dan Komandan TCG Karpaz P1213. 

Dalam beberapa bulan kebelakang untuk mempererat persahabatan antar kedua negara, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyempatkan kunjungan ke Turki untuk kedua kalinya sejak menjabat Menhan pada 2019 lalu. 

Dalam kunjungannya ke Turki Menhan berkunjung melihat industri perkapalan perang dan Kapal Selam Turki di Golcuk Naval Shipyard, Kocaeli. Bentuk kerjasama militer dengan Turki akan bernilai strategis mengingat industri alutsista Turki berkembang pesat khususnya terkait kapal perang dan kapal selam. Ditambah lagi Turki memiliki sejarah militer yang panjang sebagai negara yang kuat secara militer sejak kekaisaran Ottoman.***