logo

Barantana Manado Dorong Ekspor Produk Jadi

Barantana Manado Dorong Ekspor Produk Jadi

04 Agustus 2020 16:40 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - MANADO: Badan Karantina Pertanian(Barantan) Manado mendorong ekspor produk jadi guna meningkatkan nilai devisa bagi negara.

Kepala Barantan Manado Donni Muksydayan, di Manado, Senin (3/8/2020), mengatakan, pihaknya terus mendorong ekspor diversifikasi produk agar nilai tambah semakin tinggi.

Salah satu produk jadi yang dapat menjadi potensi ekspor adalah produk turunan kelapa yang saat ini mempunyai nilai tambah yang sangat besar.

“Jika kita mengekspor dalam bentuk produk olahan kelapa parut atau dessicated coconut,selain menambah nilai jual, juga dapat menambah umur simpan sehingga produk lebih tahan lama,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Untuk mendapatkan kelapa parut yang mempunyai rendemen yang tinggi dan cita rasa yang baik, maka kelapa harus dipilih yang tua.

Terdapat beberapa tahap untuk mendapatkan kelapa parut seperti pembuangan sabut dan tempurung kelapa, pembuatan testa, pencucian, blanching, pemarutan dan pengeringan.

Setelah itu, dilakukanpengukusan, pengepressan, pengeringan kembali, kemudian tahapan terakhir adalah penggilingan.

Kepala BarantanAli Jamil mengungkapkan salah satu cara untuk meningkatkan nilai pertumbuhan ekspor adalah dengan mendorong ekspor produk setengah jadi dan jadi (produk turunan).

"Kita pacu ekspor sesuai semangat yang digerakkan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dengan Gratieks. Ekspor meningkat, petani juga dapat meningkat kesejahteraannya," kataJamil.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto