logo

F1 GP Inggris: Lewis Hamilton Raih Pole Ke-91

F1 GP Inggris: Lewis Hamilton Raih Pole Ke-91

Lewis Hamilton bertekad memperpanjang rekor kemenangan kandang menjadi tujuh pada hari Minggu.
02 Agustus 2020 00:01 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - LONDON: Lewis Hamilton mencatat waktu tercepat di Sirkuit Silverstone untuk mengalahkan rekan setimnya di Mercedes Valtteri Bottas dalam perebutan posisi terdepan di Grand Prix Inggris, Sabtu (1/8/2020). Hamilton, yang lebih cepat pada dua putaran di sesi terakhir, unggul 0,313 detik dari Bottas sementara Red Bull Max Verstappen menggagalkan pebalap Ferrari  Charles Leclerc meraih posisi ketiga.

Lando Norris dari McLaren membuntuti di tempat kelima, di depan yang disebut Racing Point of Lance Stroll 'pink Mercedes'. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, hanya mampu meraih peringkat 10 setelah berjuang sepanjang akhir pekan.

Mobil-mobil Mercedes diharapkan untuk terbang di sekitar menyapu Silverstone berkecepatan tinggi dan terbukti, dengan Hamilton mengakhiri kualifikasi 1,022 detik lebih cepat dari Verstappen.

Mobil-mobil hitam memiliki keuntungan seperti itu - diperburuk oleh Red Bull dan Ferrari jatuh kembali dibandingkan tahun lalu - bahwa pada tahap ini tampaknya sulit untuk melihat mereka dikalahkan sama sekali tahun ini.

Pole Hamilton adalah yang kelima di Silverstone dalam enam tahun. Ini polenya yang ke-91 dalam kariernya. Dia bertekad memperpanjang rekor kemenangan kandang menjadi tujuh pada hari Minggu.

Hamilton mengatakan: "Ada jarak yang relatif besar antara kami dan tempat ketiga tetapi tidak masalah. Valtteri mendorong saya tepat ke batas. Dia telah mendorong saya sepanjang akhir pekan.

"Saya membuat beberapa perubahan sebelum kualifikasi dan itu lebih buruk. Itu adalah perjuangan nyata di luar sana.

"Jalur ini sulit dengan angin dan itu seperti bola juggling saat berada di piring bergerak dengan kecepatan tinggi.

"Aku melakukan putaran itu tetapi dengan napas dalam-dalam aku berhasil menenangkan diri. Itu tidak pernah menjadi tua."

Bottas berkata: "Saya hanya menunggu untuk Q3 tetapi kemudian saya mulai melayang lebih sedikit dengan bagian belakang. Saya tidak tahu apa yang terjadi, Lewis menemukan lebih dari saya."

Hamilton mengatakan ia telah kehilangan 100.000 lebih penggemar yang biasanya berduyun-duyun ke Silverstone untuk akhir pekan ini tetapi mengatakan: "Mudah-mudahan di rumah mereka menikmatinya hari ini."

Verstappen mengatakan bahwa tidak ada cara untuk menantang Mercedes, tetapi Red Bull akan sama khawatirnya bahwa sementara waktu Hamilton adalah 0,7 detik lebih cepat daripada kutub Bottas dari tahun lalu, Verstappen sedikit lebih lambat dari pada 2019.

"Sangat awal dalam kualifikasi mereka terlalu cepat," katanya. "Kamu mencoba menerima itu dan melakukan yang terbaik yang kamu bisa. Menjadi P3 adalah awal yang baik.

"Kami sedikit tetapi harus sedikit lebih dekat dalam lomba. Saya tidak mengatakan saya akan melawan mereka, tetapi setidaknya Anda memiliki kesempatan berjuang mulai dari posisi ketiga."

Rekan setimnya Alexander Albon sedang berjuang setelah kecelakaan pada hari Jumat dan kehilangan banyak sesi latihan terakhir dengan masalah baterai dan hanya memenuhi kualifikasi ke-12.

Verstappen harus berjuang untuk mengalahkan Leclerc, dalam performa kualifikasi terbaik Ferrari tahun ini.

Tim Italia telah memilih set-downforce rendah untuk akhir pekan ini, menemukan itu memberi mereka kecepatan satu putaran yang kuat, tetapi mereka telah berjuang dalam jangka panjang dan berharap menjadi kurang kompetitif dalam balapan.

Di belakang mereka, Norris unggul untuk McLaren, mengenakan desain helm menawan yang diciptakan oleh penggemar wanita berusia enam tahun untuk akhir pekan.

Dia mengambil kelima di grid, di depan Stroll dan tepat di bawah 0,2 detik lebih cepat dari rekan setimnya Carlos Sainz.

"Aku sangat senang," kata Norris. "Itu sedikit kualifikasi yang berkelahi, melaju pada putaran pertama saya di Q1. Di Q3, saya berhasil menyatukan dan memasukkannya, saya tidak tahu apakah itu lap terbaik saya, tapi salah satu yang terbaik lap. "

Renault Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon yang ditingkatkan berada di urutan kedelapan dan kesembilan, dengan Vettel mengambil posisi 10 besar terakhir hampir terpaut kedua dari rekan setimnya Leclerc setelah kehilangan sejumlah besar waktu lintasan sepanjang akhir pekan karena serangkaian masalah keandalan.

Williams, George Russell, berada di urutan 15, tetapi kemudian diberikan penalti kotak lima tempat karena gagal memperlambat bendera kuning hati-hati. ***