logo

Presiden Jokowi Telepon Raja Salman Sampaikan Ucapan Selamat Idul Adha

Presiden Jokowi Telepon Raja Salman Sampaikan Ucapan Selamat Idul Adha

Foto dokumentasi: Antara.
01 Agustus 2020 16:05 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud melalui sambungan telepon pada Jumat (31/7/2020) pukul 18.45 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor.

"Saya dan rakyat Indonesia ingin menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H untuk Sri Baginda Raja dan seluruh rakyat Arab Saudi," kata Presiden Jokowi kepada Raja Salman sebagaimana dikutip dalam keterangan pers pemerintah yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/8/2020). 

Presiden mengungkapkan rasa syukur karena Raja Salman sudah sehat kembali.

"Saya dan seluruh rakyat Indonesia mendoakan agar Sri Baginda Raja senantiasa diberkahi kesehatan," katanya.

Dalam pembicaraan melalui telepon dengan Raja Salman, Presiden juga menyampaikan apresiasi mengenai penyelenggaraan ibadah haji yang tahun ini yang diadakan secara terbatas akibat pandemi Covid-19.

"Kami juga mengapresiasi pengaturan penyelenggaraan ibadah haji yang dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat dan dengan mengedepankan kesehatan umat. Mari kita terus berdoa agar pandemi ini dapat cepat teratasi," katanya.

Selain itu, Presiden Jokowi mengemukakan keinginan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Arab Saudi dan Raja Salman menyambutnya.

"Bapak Presiden, Insya Allah kami siap selalu untuk meningkatkan hubungan demi kebaikan dua negara," kata Raja Salman kepada Presiden Jokowi.

            Baru Sembuh

Penguasa Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz meninggalkan Rumah Sakit King Faisal di ibu kota Riyadh usai dinyatakan pulih, seperti dilaporkan Kantor Berita SPA pada Kamis (30/7/2020).

Pemimpin berusia 84 tahun itu masuk rumah sakit pada 20 Juli untuk menjalani pemeriksaan medis, setelah mengalami peradangan kantong empedu yang berhasil diangkat melalui operasi.

Dalam video yang dirilis oleh SPA, Raja Salman terlihat berjalan ke luar rumah sakit didampingi sejumlah ajudan dan putranya, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dengan menggunakan masker. Seperti biasa, Raja Salman berjalan dengan bantuan tongkat.

Raja yang memerintah negara penghasil minyak terbesar dunia sekaligus sekutu dekat AS sejak 2015 itu, memimpin rapat melalui video dari rumah sakit pekan lalu sebelum menjalani operasi.

Dalam video yang ditayangkan oleh sejumlah media pemerintah, ia terlihat sedang membaca dan memeriksa dokumen. 

          Ucapan Selamat

Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman memberi selamat Hari Raya Idul Adha kepada semua orang di saat umat Islam melakukan sholat Idul Adha pada Jumat pagi (31/7/2020) di Masjidil Haram, Masjid Nabi dan di seluruh Kerajaan di tengah upaya pencegahan Covid-19.

"Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada semua orang. Semoga Allah melimpahkan kita kebaikan, keberkahan, dan kesejahteraan di Hari Raya Idul Adha di mana kita berada," ujar Raja Salman.

"Kami juga meminta kepada-Nya (Allah SWT) untuk menerima ibadah yang dilakukan oleh jamaah haji dan untuk menerima doa-doa umat Islam dan menghapus pandemi Covid-19 di negara kami," ujar dia, seperti yang dilansir Saudi Gazette, Jumat.

Sementara itu, di Masjidil Haram, para jamaah melakukan sholat, dipimpin oleh Sheikh Dr. Abdullah Bin Awad Al-Juhani, imam dan penceramah Masjidil Haram, yang menyeru jemaah haji untuk takut hanya kepada Allah SWT.

Sheikh Al-Juhani mengatakan: "Ini adalah Hari Raya Idul Adha yang diberkati, hari dilakukannya ibadah haji, hari selesainya wahyu dan sempurnanya ajaran Islam,"

"Salah satu tindakan ibadah terbaik dan terbesar adalah kewajiban menunaikan haji, yang merupakan rukun Islam kelima. Ini adalah kewajiban bagi setiap pria Muslim dan wanita Muslim yang mampu secara fisik dan materi. Bagi yang melaksanakan ibadah haji maka akan mendapatkan pahala yang besar,"

Sheikh Al-Juhani memuji pemerintah Arab Saudi yang dipimpin oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman karena mengatur haji dengan jamaah terbatas dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan mereka di Rumah Allah SWT di tengah pandemi virus corona.

Upaya tersebut menunjukkan bahwa salah satu ajaran dasar Islam adalah menyelamatkan hidup.

Dia mengutip perkataan Yang Mahakuasa (dan jangan bunuh diri) dan (jangan membuang tanganmu untuk binasa) bahwa Allah itu Maha Pemurah).

Di Madinah, sejumlah jamaah melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Nabawi yang dihadiri oleh Pangeran Faisal Bin Salman, Gubernur wilayah Madinah, dan wakilnya Pangeran Saud Bin Khaled Al Faisal, dan dipimpin oleh Sheikh Ahmed Bin Talib Bin Humaid , yang bertindak sebagai imam dan penceramah. (Antara) ***