logo

KPK Lakukan Geledah Kembangkan Kasus Eks Bupati Lampung Selatan

KPK Lakukan Geledah Kembangkan Kasus Eks Bupati Lampung Selatan

KPK
13 Juli 2020 20:10 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA:  Penyidik KPK  menggeledah kantor Bupati Lampung Selatan dan kantor Dinas PUPR Lampung Selatan untuk pengembangan kasus dugaan suap proyek infrastruktur yang menjerat eks Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan.

"KPK sedang melakukan pengumpulan alat bukti dengan melakukan kegiatan penggeledahan di beberapa tempat di Lampung Selatan (Lamsel), antara lain kantor Bupati Lamsel dan kantor dinas PUPR Lamsel," kata Plt Jubir  KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Tim penyidik antirasuah tersebut menyita beberapa dokumen yang diduga berkaitan dengan perkara. Ali menyebut, setelah meminta izin Dewan Pengawas KPK, maka barang bukti tersebut akan disita. "Yang diamankan antara lain dokumen-dokumen yang berhubungan dengan dugaan tindak pidana korupsi  yang sedang dilakukan penyidikan saat ini dan akan dilakukan penyitaan setelah mendapatkan izin dari Dewas KPK," ujarnya.

"Kami belum dapat menyampaikan detail pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka karena sebagaimana telah kami sampaikan bahwa kebijakan pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan," tuturnya.

KPK telah mengeksekusi terpidana korupsi Bupati nonaktif Lampung Selatan, Zainudin Hasan pada Kamis (6/2) setelah Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang dia ajukan. Zainudin dieksekusi ke Lapas Bandar Lampung dan akan menjalani masa hukuman penjara 12 tahun. Zainudin juga dihukum membayar uang pengganti sebesar Rp 66 miliar subsider 2 tahun kurungan serta pidana denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Zainuddin merupakan terpidana kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan tindak pidana korupsi berupa suap proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Lampung Selatan.

Editor : Gungde Ariwangsa SH