logo

Liga Spanyol: Eibar Dan Bilbao Catat Kemenangan Penting

Liga Spanyol: Eibar Dan Bilbao Catat Kemenangan Penting

Foto: Istimewa.
13 Juli 2020 04:40 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Dua tim Laliga Spanyol, Eibar dan Athletic Bilbao sama-sama mencetak kemenangan penting pada laga pekan ke-36 Laliga Spanyol, Minggu waktu setempat atau Senin (13/7/2020) dini hari WIB.

Eibar mengambil posisi jarak aman dari zona degradasi, menyusul kemenangan 2 – 0 atas Espanyol di Stadion RCDE. Sementara Athletic Bilbao menerobos zona kualifikasi Eropa setelah menang atas Levante di Estadio Camilo Cano, 2-1.

Kemenangan Eibar disokong oleh Edu Exposito yang dua kali mengeksekusi penalti dan menjebol gawang Espanyol, tim yang sudah dipastikan terdegradasi tersebut.

Penalti pertama dikonversi Exposito ke pojok kiri bawah gawang pada menit ke-25 setelah Victor Gomez divonis menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak penalti Espanyol.

Tak sampai 10 menit kemudian Eibar kembali mendapat hadiah tendangan penalti, lagi-lagi atas pelanggaran handball yang kali ini dilakukan Bernardo Espinosa dan dikonfirmasi oleh VAR.

Eksekusi penalti kedua Exposito bisa ditebak dan dihalau oleh kiper Diego Lopez, tetapi bola muntah sukses disambar langsung oleh Exposito untuk menggandakan keunggulan Eibar yang bertahan hingga bubaran.

Tambahan tiga poin membuat Eibar yang berada di urutan ke-15 kini punya jarak keunggulan tujuh poin dari zona degradasi dan jika Mallorca gagal menang dalam laga lebih larut, maka tim besutan Jose Luis Mendilibar itu dipastikan bertahan di kasta tertinggi.

Sementara itu dalam laga lain di Estadio Camilo Cano, Bilbao juga berhasil mengalahkan tuan rumah Levante dengan skor 2-1. Raul Garcia mengemas dua gol untuk membawa Bilbao unggul pada babak pertama dan Levante hanya bisa membalas sekali melalui Enis Bardhi.

Hasil itu membuat Bilbao untuk sementara menerobos zona kualifikasi Eropa, naik ke urutan ketujuh dengan koleksi 51 poin menggusur Real Sociedad (51) yang baru main besok, sedangkan Levante (43) tak beranjak dari posisi ke-12. ***